Pages

Kamis, 17 Juni 2021

Dear Parents, Ini Lima Langkah Mendidik Anak Cerdas dan Sukses di Masa Depan

Kamis, 17 Juni 2021 18:32:58

Dear Parents, Ini Lima Langkah Mendidik Anak Cerdas dan Sukses di Masa Depan

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki anak cerdas tentunya harapan semua orangtua. Untuk itu, orangtua perlu tahu bagaimana cara mendidik anak agar bisa cerdas dengan masa depan yang gemilang.

Dilansir dari Inc.com, ada lima cara yang dapat orangtua lakukan agar anak bisa tumbuh dengan cerdas. Apa saja?

Ajarkan keterampilan sosial

Sebuah studi yang dilakukan selama 20 tahun oleh Pennsylvania State dan Duke University menunjukkan, ada hasil positif yang didapat jika anak diajarkan keterampilan sosial.

Caranya, anak-anak bisa diajarkan cara menyelesaikan masalah dengan temannya, mendengarkan curhatan temannya tanpa menghakimi, dan mau membantu orang lain.

Jangan larut bermain game

Bermain game tidak ada salahnya, apalagi yang namanya hiburan bisa menangkal beban stres maupun rasa lelah pada anak. Akan tetapi, orang tua perlu membatasi waktu penggunaan agar anak tidak larut bermain game.

Jika sehari-hari anak diisi dengan menatap layar, akan tidak baik untuk kesehatan mata dan juga perkembangannya.

Daripada bermain game, Anda bisa arahkan sang anak untuk bisa menjadi seorang konten kreator. Sehingga hobinya tersebut bisa disalurkan ke hal yang lebih positif.

Ajak membersihkan rumah

Tidak ada salahnya jika mengajak anak untuk peduli dengan kondisi rumahnya, apalagi jika kondisi rumah berantakan dan tidak tertata rapi.

Anda bisa mengajarkan anak cara membersihkan rumah, tidak perlu yang berat, ajarkan bagaimana cara merapihkan tempat tidur ataupun barang-barang yang berserakan.

Jangan mengabaikan anak

Kalau orang tua mengabaikan anaknya, ke depannya anak bisa menjadi pribadi yang tidak peduli dan mengabaikan sekitarnya.

Maka, orang tua perlu membimbing anaknya dan jangan sampai abai. Kepedulian yang didapat anak dari orangtua bisa jadi modal untuk anak membangun empati.

Beri kasih sayang

Anak yang hidup dalam keluarga dengan banyak konflik, cenderung memiliki nasib buruk dibanding dengan orang tua yang rukun.

Hal ini diungkap oleh penelitian dari University of iIllinoiss, bahwa orang tua yang menciptakan lingkungan penuh kasih sayang berdampak bagi anaknya ke depannya. Sehingga mereka lebih produktif dan kondisi mentalnya lebih sehat.

*Sumber: suara.com

0 komentar:

Posting Komentar