SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS/WA 0852 5968 1245 || Facebook : Nuansa Bojonegoro || Twitter : @nuansafmbjn || Instagram : @nuansaradio || E-Mail : nuansaradio722@gmail.com || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Rabu, 09 Desember 2020

Jaga Keseimbangan Kehidupan-Kerja Saat WFH

Rabu, 09 Desember 2020 18:03:59

Jaga Keseimbangan Kehidupan-Kerja Saat WFH

Meski sudah berbulan-bulan bekerja dari rumah (work from home/WFH), namun tak sedikit orang yang sulit menemukan batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Padahal, membangun keseimbangan antara kehidupan kerja dan pekerjaan penting dilakukan agar kamu tak cepat lelah. Siapa pun pasti akan kewalahan jika harus mengurus anak yang rewel dan juga tumpukan deadline.

Untuk kamu yang juga sedang berjuang untuk membuat batasan dunia pekerjaan dan ranah pribadi sehari-hari, hal berikut ini mungkin bisa kamu terapkan:

1. Jangan langsung bekerja setelah bangun tidur

Miliki anggapan bahwa kamu bukanlah mesin yang selalu bisa bekerja setelah dinyalakan.

Sebelum membuka leptop untuk bekerja, lakukan sesuatu untuk menenangkan diri. Buat sarapan yang bergizi atau nikmati secangkir kopi, akan membuatmu lebih bersemangat sekaligus merasa hidup.

Matthew Knight, pendiri Leapers, komunitas pendukung untuk wiraswasta, menyebut ini sebagai "perjalanan kreatif". Memulai pagimu dengan suatu aktivitas sebelum mulai bekerja.

“Ciptakan 'pergeseran mental' yang sangat nyata dari rumah ke kantor, bahkan jika kamu tidak secara fisik berpindah di antara dua ruang,” ujar Knight.

2. Pertahankan rutinitas pagi seperti biasa

Ciptakan rutinitas harian bersama anggota keluarga. Jika anak-anak memakai seragam selama sekolah online, kita juga bisa menerapkannya dengan memakai "pakaian kerja" sebelum membuka laptop.

Carilah pakaian yang nyaman untuk membuat perbedaan yang jelas antara waktu kerja dan waktu non-kerja.

3. Jadwalkan istirahat rutin

Nancy A. Shenker, pakar pemasaran dan CEO theONswitch, menyarankan untuk menyediakan waktu khusus kapan kamu bisa ditemui secara virtual ataupun ditelepon untuk membicarakan pekerjaan.

Dengan cara ini rekan kerjamu dapat melihat dengan jelas kapan mereka bisa dan tidak bisa menjadwalkan pertemuan.

Tentu saja, kamu tidak bisa menghilang selama berjam-jam dan mengklaim bahwa kamu sedang sibuk. Namun, sisihkan sedikit waktu agar kamu bisa memberi diri sendiri waktu untuk melakukan hal lain di luar pekerjaan.

4. Tetapkan jam "tugas" yang ketat

“Matikan telepon pada waktu tertentu dan beri tahu orang-orang ketika kamu berencana untuk bekerja,” tambah Shenker.

Tetapi cobalah untuk mengatur jadwal dan benar-benar menaatinya. Dengan latihan, kamu akan belajar untuk hanya menanggapi apa pun yang mendesak. Biarkan sisanya sampai waktu kerja bergulir kembali.

Jika kamu memiliki fleksibilitas, ubah sedikit jam kerja agar lebih sesuai dengan kehidupanmu saat ini.

5. Tentukan satu ruang atau sudut tertentu di rumah sebagai kantor

Jika memungkinkan, ciptakan ruang khusus untuk kamu menyelesaikan pekerjaan. Tidak harus di ruang terpisah.

6. Tetapkan batasan yang jelas dengan rekan kerja

Karena beberapa batasan struktural sudah tidak ada lagi, kita perlu membuat batasan ini dengan mencari tahu apa yang terbaik untuk kita masing-masing dan mengkomunikasikannya dengan tim.

“Perjelas dengan manajer dan timmu tentang seperti apa situasi yang kamu hadapi, dan bagaimana hal itu memengaruhi apa yang dapat dan tidak dapat kamu lakukan,” kata Daisy Chang, PhD, profesor psikologi di Michigan State University.

7. Kerjasama dengan pasangan

Bersama pasangan, kamu bisa menentukan, kapan kamu harus bekerja, rapat daring dan siapa yang akan mendampingi anak untuk belajar online di rumah. Ini memang tidak mudah, tetapi bekerja sebagai tim pasti membantu meringankan sebagian beban.

8. Buat rencana setelah kerja

Kamu mungkin akan selalu larut di dalam pekerjaan, bahkan hingga malam. Untuk itu, kamu harus memiliki rencana di malam hari, setelah jam kerja.

Rencana itu tak perlu sesuatu yang spektakuler, cukup menjadwalkan nonton serial favorit di Netflix, bermain dengan hewan peliharaan, masak makan malam, atau hanya ingin bergosip dengan teman melalui sambungan telepon.

Rencana ini akan membuatmu membatasi jam kerja dan membantumu menyelesikan pekerjaan tepat waktu.

9. Bersikaplah santai pada diri sendiri

Bagi beberapa orang, keseimbangan kehidupan kerja mungkin terasa seperti tujuan yang sulit untuk dicapai, terutama saat ini. Mengusahakannya mungkin tampak tidak berguna dan menimbulkan kecemasan, terutama bagi siapa pun yang memiliki anak kecil di rumah.

Kita perlu mengingatkan diri kita sendiri bahwa tujuan seharusnya bukan untuk menemukan keseimbangan tetapi untuk melakukan yang terbaik yang kita bisa dalam situasi yang tidak mungkin.

Jika memang hal ini sulit dijalani, tak pelu mencemaskan berlebihan dan jalani saja secara perlahan sambil memperbaiki situasi sedikit demi sedikit.

*Sumber: kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar