Pages

Minggu, 19 April 2020

6 Langkah Jaga Kesehatan saat di Rumah Saja

Minggu, 19 April 2020 19:00:50

6 Langkah Jaga Kesehatan saat di Rumah Saja
 
Pandemi corona Covid-19 masih berlangsung sampai saat ini di Indonesia. Untuk mencegah penyebaran virus berbahaya ini, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan social dan psychical distancing serta work from home (WFH).

Pada awalnya instruksi bekerja dari rumah terdengar menyenangkan. Anda tak perlu pergi ke kantor, menghadapi kemacetan, kehujanan atau kepanasan, bisa selalu berkumpul dengan keluarga dan sebagainya.

Namun, seiring berjalannya waktu terus menerus berada di rumah juga dapat menyebabkan masalah 

kesehatan secara mental maupun fisik. Permasalahan yang terjadi seperti depresi, frustasi, rasa cemas hingga ketakutan. Sedangkan secara fisik badan menjadi mudah pegal-pegal, kram pada kaki, nyeri pada leher dan bahu, serta mata menjadi mudah lelah. Belum lagi jika asupan makanan, pola istirahat dan kebersihan rumah tidak diperhatikan. Malahan membuat tubuh gampang sakit dan mudah terpapar virus.

Untuk menjaga kesehatan mental dan tubuh selama berada di rumah dikutip dari Healthline, Anda bisa praktekkan hal ini.

1. Jaga Rutinitas dengan Teratur

Sebelum pandemi corona, Anda terbiasa bangun pagi untuk berangkat ke kantor. Pertahankan rutinitas sehat ini. Jangan karena bekerja di rumah, Anda malah terbiasa bangun siang. Seperti Anda ketahui bangun pagi, menghirup udara pagi dan menikmati sinar matahari pagi sangat bermanfaat bagi tubuh. Ditambah Anda bisa mengawali hari dengan berolahraga dan rutin sarapan pagi.

2. Tidak Tidur Siang Berlebihan

Melihat sofa dan kasur empuk di rumah tentu menggoda untuk tidur siang. Secukupnya saja, jangan tidur siang berlebihan karena ini dapat merusak rutinitas Anda. Alih-alih tidur siang, lebih baik segera menyelesaikan pekerjaan sehingga menghindari lembur dan bisa melakukan aktivitas bermanfaat lain di rumah.

3. Rutin Olahraga

Langkah kaki harian Anda jauh berkurang, tempat gym tutup dan Anda tidak bisa jogging bebas seperti biasanya. Lakukan olahraga ringan selama di rumah, stretching, yoga, angkat barbel, lompat tali, dan sebagainya manfaatkan perlengkapan lain yang Anda miliki. Buat diri Anda berkeringat agar metabolisme tubuh bekerja optimal. Selain itu olahraga juga dapat menurunkan tingkat stres dan depresi serta membakar kalori.

4. Asupan Makanan dan Informasi yang Sehat

Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur, Anda juga perlu menerima informasi atau arus berita yang sehat. Tak melulu tentang Covid-19, Anda juga perlu mengakses informasi lain yang bisa membuka wawasan, memberi inspirasi dan optimisme. Sehingga Anda bisa menghindari perasaan cemas dan khawatir berlebihan karena pandemi.

5. Batasi Paparan Cahaya Biru dan Penggunaan Gadget

Tak bisa dipungkiri selama pandemi corona, internet dan gadget menjadi alat paling aktif untuk mengusir rasa jenuh dan bosan. Namun, menatap layar ponsel dan televisi terus menerus tidak membuat tubuh Anda lebih baik dan tidur lebih nyenyak. Mulai sekarang sebaiknya Anda mencoba tidak menonton televisi maupun menggunakan ponsel satu jam sebelum waktu tidur.

6. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Karena tidak banyak melakukan aktivitas berat selama di rumah, tanpa disadari kita menjadi jarang minum air putih. Jangan sampai ini terjadi. Anda perlu tetap memastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar seluruh sistem di tubuh dengan lancar dan sempurna. Kekurangan cairan dapat membuat Anda mudah lelah dan tidak baik bagi organ dalam. Hindari mengonsumsi minuman soda berlebihan atau bahkan alkohol.

Untuk alternatif minuman sehat, Anda bisa mencicipi minuman sarang burung walet.  Sarang walet atau
dikenal dengan sebutan Edible’s Bird Nest merupakan sarang yang tercipta dari air liur burung walet yang kemudian menjadi padat.

Sumber: Health Liputan6.com ditayangkan 16 Apr 2020, 00:00 WIB

0 komentar:

Posting Komentar