Kamis, 11 Juli 2024

Stroke hingga Saraf Kejepit, Ini 5 Penyebab Lain Tangan Kesemutan

Kamis, 11 Juli 2024

“Tangan kesemutan bisa terjadi karena banyak hal. Misalnya, hal sepele seperti posisi duduk yang kurang tepat, hingga beberapa kondisi medis tertentu seperti Carpal Tunnel Syndrome dan serangan jantung.”

Stroke hingga Saraf Kejepit, Ini 5 Penyebab Lain Tangan Kesemutan

nuansaradiobojonegoro.com, Kesemutan menjadi masalah kesehatan yang dapat menyerang siapa saja. Penyebab tangan kesemutan dan tingkat keparahannya juga bervariasi, mulai dari ringan hingga parah. 

Umumnya, kondisi kesemutan ringan terjadi karena posisi tidur atau duduk yang keliru. Jika demikian, biasanya kesemutan akan menghilang setelah tekanan pada area tersebut berkurang. 

Meski demikian, sebaiknya kamu waspadai jika kesemutan muncul dengan gejala lain seperti gatal, sakit, kebas atau mati rasa, dan pengecilan pada otot. Sebab, bisa jadi kesemutan muncul sebagai tanda dari masalah kesehatan tertentu.

Penyebab Tangan Kesemutan

Kerusakan saraf atau neuropati perifer menjadi salah satu masalah kesehatan yang memiliki hubungan dengan kesemutan. Kelainan ini sangat berpengaruh terhadap saraf pada sumsum tulang belakang dan otak. 

Umumnya, kelainan ini bermula pada area kaki dan tangan. Lalu, gejalanya akan semakin memburuk yang membuat pengidapnya mengalami penurunan mobilitas, bahkan berisiko mengalami kecacatan. Kerap kali, kondisi ini lebih rentan menyerang lansia. 

Oleh sebab itu, penting untuk kamu mengetahui penyebab tangan kesemutan, terutama jika munculnya sangat intens. Sebab, semakin dini dokter menemukan penyebabnya, semakin cepat pula kamu mendapat penanganan

 

1. Penyakit Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Kondisi pertama yang membuat tangan mengalami kesemutan adalah Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Kelainan ini muncul karena ada gerakan yang berulang atau getaran yang membuat saraf pada pergelangan tangan terjepit. 

Tak hanya itu, gerakan berulang ini bisa menyebabkan jaringan pada area saraf tangan menekan saraf karena membengkak. Alhasil, tekanan ini akan memicu tangan kesemutan bersama dengan gejala lainnya, termasuk sakit, mati rasa, dan tangan yang menjadi lemah.

2. Diabetes

Gejala kesemutan pada area tangan kerap terjadi pada sekitar 30 persen orang-orang dengan kondisi diabetes. Mulanya, kesemutan akan muncul pada area kaki, lalu menjalar hingga ke tangan. Bahkan, dua pertiga pengidap kelainan ini mengalami kerusakan saraf dari tingkat ringan hingga parah.

Hal ini dapat terjadi karena tingginya kadar gula dalam darah dalam jangka waktu lama dapat merusak saraf. Semakin lama seseorang mengidap diabetes, semakin besar kemungkinannya untuk mengalami gangguan saraf seperti kesemutan.

3. Gangguan ginjal kronis

Penyebab tangan kesemutan berikutnya adalah gangguan ginjal kronis. Kelainan ini sebenarnya berkembang dalam waktu lama. Umumnya, gejala akan muncul saat masalah kesehatan sudah masuk pada fase yang parah.

Umumnya, selain kesemutan, pengidap akan merasakan beberapa gejala lainnya, termasuk anemia, penurunan berat badan, nyeri pada otot, mual, dan muntah

4. Vaskulitis

Penyebab tangan kesemutan lainnya adalah vaskulitis. Vaskulitis merupakan peradangan yang terjadi pada pembuluh darah, sehingga mengakibatkan perubahan pada area dinding pembuluh darah.

Terjadinya perubahan ini juga menyebabkan aliran darah terganggu, sehingga menimbulkan banyak gejala. Beberapa gejalanya meliputi pegal-pegal, berkeringat di malam hari, kelelahan, munculnya ruam, hingga demam. Kesemutan juga merupakan salah satu gejala pada pengidap vaskulitis. 

5. Serangan jantung

Kamu sebaiknya waspada ketika kamu secara mendadak terasa kesemutan pada tangan. Sebab, ini dapat menjadi gejala dari serangan jantung.

Pembuluh darah yang tersumbat mengakibatkan gangguan aliran darah yang menuju jantung, sehingga terjadi kesemutan dan nyeri pada bagian dada. Tidak jarang, hal ini juga dapat mengakibatkan salah satu tangan mengalami mati rasa.

Sumber : www.halodoc.com

 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

STREAMING

LIVE SUPPORT

PT. RADIO NUANSA FM BOJONEGORO
Jln. Mliwis Rt 24 Rw 8 Kec. Sumberrejo Kab. Bojonegoro
Telp : (0353) 331399 / 0852 5935 8278
E-Mail : nuansaradio722@gmail.com

SPOT


PT RADIO NUANSA FM © 2024 Desain By RUDI TORO SETIAWAN