Senin, 08 April 2024

6 Tips agar Tetap Sehat dan Aman Selama Mudik Lebaran

Senin, 08 April 2024

6 Tips agar Tetap Sehat dan Aman Selama Mudik Lebaran

nuansaradiobojonegoro.com, Lebaran hanya tinggal beberapa hari lagi. Ini tandanya musim mudik sudah semakin dekat. Nah, bagi kamu yang merencanakan perjalanan mudik, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Misalnya persiapan logistik seperti makanan dan minuman, kendaraan, dan tentunya kesehatan.

Sebab, perjalanan jauh dan melelahkan selama mudik Lebaran ini dapat menimbulkan berbagai tantangan, mulai dari risiko kesehatan hingga kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk melakukan persiapan dengan baik agar tetap sehat dan aman selama perjalanan.

Tips Sehat dan Aman Selama Mudik 

Berikut beberapa tips sehat dan aman yang bisa kamu lakukan selama perjalanan mudik nanti:

1. Siapkan kesehatan fisik yang prima

Perjalanan mudik tentu akan memakan waktu berjam-jam, bahkan beberapa hari. Lamanya perjalanan bisa menyebabkan tubuh merasa kelelahan, atau bahkan jatuh sakit. Maka dari itu mulai dari sekarang, rajinlah berolahraga, minum vitamin, dan konsumsi makanan bergizi seimbang. Tujuannya agar tubuh tetap fit saat perjalanan mudik nanti.

2. Istirahat yang cukup

Persiapan yang matang sebelum mudik memang perlu dilakukan, tetapi jangan sampai ini membuatmu kurang istirahat. Sebelum berangkat usahakan tetap tidur selama 7-8 jam, terutama jika kamu mengendarai mobil. 

Selain itu, menurut saran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kamu juga dianjurkan untuk beristirahat setelah empat jam berkendara. Kamu bisa tidur sejenak sekitar 15 menit, atau lakukan peregangan supaya tubuh tidak pegal-pegal.

3. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Jika kamu mudik saat puasa pastikan untuk tidak melewatkan sahur dan konsumsi makanan bergizi seimbang atau makanan sehat. Sayur dan buah sangat direkomendasikan untuk menjaga stamina selama berkendara. 

Konsumsi juga makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Contohnya seperti nasi, roti gandum, ayam, dan ikan, sebagai sumber energi utama. Jangan lupa juga membawa bekal dan persediaan air yang cukup. 

Tujuannya agar kamu tak perlu membeli makanan yang tidak sehat yang biasa dijual di pinggir jalan.

4. Periksa kendaraan

Menurut informasi data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pemilihan transportasi mudik didominasi oleh transportasi darat, yaitu 27,32 juta menggunakan mobil pribadi. Sisanya menggunakan kendaraan darat lain seperti bus, kereta api, motor atau jasa travel. 

Banyaknya volume kendaraan tentu akan membuat macet. Nah, kemacetan yang panjang membuat mesin kendaraan terus menyala dan berisiko mogok. Karena itu, penting sekali membawa kendaraan ke bengkel sebelum pergi mudik. 

Pastikan bensin selalu cukup selama perjalanan, ban cukup angin, dan mesin berfungsi dengan baik.

5. Gunakan masker dan cuci tangan

Walaupun sudah tidak diwajibkan, tetapi tidak ada salahnya menggunakan masker, terutama jika kamu sedang kurang sehat. Tujuannya agar virus tidak menyebar ke orang lain.

Ketika sedang berada di rest area gunakan juga masker karena tempat ini biasanya dipenuhi banyak orang, dan banyak kendaraan yang menyebabkan polusi. 

Selain itu, jangan lupa rajin cuci tangan atau gunakan hand sanitizer terutama setelah menggunakan toilet umum dan sebelum makan. 

Salah satu gangguan yang sering terjadi ketika mudik adalah sembelit. Untuk itu, kamu perlu Mewaspadai Sembelit Saat Bersiap untuk Arus Balik Mudik.

6. Lakukan peregangan

Peregangan sangat penting untuk dilakukan selama perjalanan mudik, terutama jika kamu menghabiskan waktu yang lama dalam posisi duduk di dalam mobil atau transportasi lainnya. 

Peregangan dapat membantu mencegah kekakuan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi risiko cedera. 

Nah, itulah 6 tips agar tetap sehat dan aman yang bisa kamu lakukan selama mudik Lebaran.

 

Sumber : www.halodoc.com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

STREAMING

LIVE SUPPORT

PT. RADIO NUANSA FM BOJONEGORO
Jln. Mliwis Rt 24 Rw 8 Kec. Sumberrejo Kab. Bojonegoro
Telp : (0353) 331399 / 0852 5935 8278
E-Mail : nuansaradio722@gmail.com

SPOT

RADIO NUANSA FM © 2024 Desain By RUDI TORO SETIAWAN