Pages

Rabu, 16 Februari 2022

Selain Banyak Pikiran, 5 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebab Insomnia

Rabu, 16 Februari 2022 19:25:33

Selain Banyak Pikiran, 5 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebab Insomnia

 

 

 

 

 

 

 

Banyak orang berjuang mengatasi insomnia kronis. Bahkan, jumlah orang yang mengonsumsi obat tidur untuk mengatasi masalah ini meningkat seiring bertambahnya usia dan pendidikan.

Anda mungkin bingung dengan penyebab insomnia atau kesulitan tidur, meskipun sudah melakukan segala cara agar lebih cepat tertidur.

Hal ini tidak hanya dipengaruhi oleh hal-hal yang dipikirkan. Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa penyebab seseorang sering insomnia.

1. Tempat tidur sintetis

Baca Juga: Gresik Catat Kasus Kematian Pertama Akibat Virus Corona di Gelombang Tiga Pandemi Covid-19 Ini

Tempat tidur yang terbuat dari bahan alami lebih sejuk dan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik. Selain itu, tempat tidur ini juga menyerap kelembapan dengan lebih baik.

Sebaliknya, tempat tidur sintetis memerangkap panas dan bisa menjadi penyebab keringat malam. Hal inilah yang membuat Anda kesulitan tidur sepanjang malam dan mengalami iritasi akibat kain sintetis.

2. Minyak atsiri

Meskipun beberapa minyak esensial membantu kita menenangkan diri, seperti lavender. Ada pula minyak essensial lainnya yang berdampak sebaliknya.

Minyak esensial jeruk dapat membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Selain itu, beberapa minyak dapat menyebabkan luka bakar. Hal ini perlu diwaspadai bagi Anda yang sudah menggunakannya pada bantal.

Minyak essensial juga bisa mengganggu hormon, padahal siklus tidur yang terganggu dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.



3. Masalah tiroid

Mereka yang memiliki masalah tiroid cenderung menderita sleep apnea (jeda pernapasan). Kondisi ini dapat menyebabkan Anda terbangun secara teratur.

Jadi setelah tidur malam, Anda mungkin merasa lelah alih-alih berenergi. Disfungsi tiroid juga sering menyebabkan gangguan ritme sirkadian.

4. Kekurangan magnesium

Magnesium adalah elemen penting yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk tidur. Jika tubuh Anda kekurangan nutrisi, Anda mungkin akan kesulitan untuk rileks.

Selain itu, otot berkedut atau sindrom kaki gelisah juga disebabkan oleh kadar magnesium yang rendah.

5. Tanaman

Anda harus berhati-hati saat meletakkan tanaman di kamar tidur. Beberapa tanaman hias bisa beracun bagi manusia.

Jika Anda menderita asma, beberapa tanaman mungkin memicu kondisi tersebut jika Anda alergi terhadapnya.

Selain itu, jamur atau bakteri lain di tanah dapat memperburuk kualitas tidur Anda.

*Sumber: suara.com


0 komentar:

Posting Komentar