Pages

Jumat, 28 Januari 2022

7 Cara Mengatasi Susah Tidur, Coba Praktikkan Malam Ini

Jum'at, 28 Januari 2022 18:54:14

7 Cara Mengatasi Susah Tidur, Coba Praktikkan Malam Ini

 

 

 

 

 

 

 

Apakah Anda sedang mengalami stres karena keuangan, pekerjaan, konflik hubungan atau stres lainnya yang Anda membuat Anda jadi susah tidu atau insomniar? Jika Anda mengalami hal demikian, simak berikut ini 7 cara mengatasi susah tidur.

Pentingnya tidur untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kurang tidur karena insomnia dapat membuat Anda merasa lebih lambat secara mental dan lebih emosional. Hal itu dapat memperburuk tingkat stres Anda. Mengatasi insomnia yang berlangsung lama dapat menyebabkan stres juga, sehingga menyebabkan lebih banyak insomnia.

Jika insomnia Anda berhubungan dengan stres, maka terlalu lelah dan stres tidak membantu memecahkan masalah, justru akan membuat insomnia atau gangguan susah tidur Anda semakin parah.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasinya. Nah melansir dari situs Very Well Health, Rabu (26/1/2022), berikut ini 7 cara mengatasi susah tidur yang bisa Anda coba.

1. Melatonin

Melatonin berguna untuk mengatasi masalah tidur yang disebabkan oleh kerja shift atau jet lag. Melatonin adalah hormon yang terjadi secara alami. Ini membantu mengatur siklus tidur-bangun di otak. Tubuh Anda membuatnya di malam hari saat cahaya redup.

2. Paparan Cahaya

Terapi cahaya terkadang digunakan dalam rencana perawatan tidur. Paparan cahaya membantu memberi tahu tubuh kapan harus tidur dan kapan harus bangun. Jika Anda sulit tidur di malam hari, cobalah jalan-jalan di luar ruangan di pagi hari.

3. Meditasi atau Relaksasi



Meditasi dapat membantu Anda tidur. Meditasi teratur dapat memperlambat pernapasan dan mengurangi kadar hormon stres. Meditasi dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi insomnia.

4. Yoga

Yoga adalah sistem relaksasi, pernapasan, olahraga, dan penyembuhan. Ini memiliki asal-usul dalam filsafat India. Ini telah digambarkan sebagai penyatuan pikiran, tubuh, dan jiwa. Sebuah tinjauan tahun 2017 mengutip bukti bahwa yoga dapat meredakan gejala insomnia.

5. Hipnosis

Hipnosis dikenal sebagai sebuah praktik psikologis yang sering digunakan untuk membantu seseorang mengatasi kondisi tertentu. Hipnosis melibatkan susgesti dan induksi untuk membuat pikiran rileks. Ini mirip dengan meditasi dan jenis relaksasi mendalam lainnya. Cara ini berguna untuk mengatasi insomnia.

6. Aromaterapi

Sebuah analisis 2011 menemukan bahwa sebagian besar penelitian tentang aromaterapi untuk membantu tidur dengan meletakannya di bawah bantal Anda. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan membantu Anda tidur.

7. Kurangi gula

Gula dapat memberikan ledakan energi, tetapi berumur pendek. Hal ini juga dapat menyebabkan kadar gula darah yang tidak merata. Ketika kadar gula darah turun di malam hari, itu bisa mengganggu tidur. Oleh karena itu, kurangi mengonsumsi gula.

*Sumber: suara.com


0 komentar:

Posting Komentar