Pages

Jumat, 09 Juli 2021

5 Manfaat Ponsel untuk Anak yang Perlu Orangtua Tahu

Jum'at, 09 Juli 2021 18:21:57

5 Manfaat Ponsel untuk Anak yang Perlu Orangtua Tahu

 

 

 

 

 

 

 

Tidak selamanya buruk, orangtua harus tahu beberapa manfaat ponsel untuk anak di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Menurut Technology and Interactive Media as Tools in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8, orangtua yang bijak bisa melatih dan merangsang perkembangan anak melalui ponsel.

Berikut manfaat ponsel untuk anak, berdasarkan siaran pers itel Vision2, Rabu (7/7/2021), simak yuk!

1. Melatih keterampilan motorik anak

Keterampilan motorik adalah keterampilan yang berkaitan dengan gerakan kecil jari, pergelangan tangan, dan lainnya.

Menggunakan keyboard dan keypad pada smartphone adalah gerakan yang baik untuk anak dengan minim resiko. Anak pun akan lebih bisa menggunakan tangan dan jari mereka dalam waktu yang singkat.

2. Meningkatkan keterampilan kognitif anak

Keterampilan kognitif adalah kemampuan untuk memroses informasi, pemikiran serta mengingat dan menghubungkan satu hal dengan hal yang lain.

Permainan dan aplikasi interaktif yang bisa diakses lewat smartphone dapat membantu meningkatkan keterampilan kognitif anak terutama jika permainan yang mereka mainkan adalah permainan teka-teki atau menggambar. 

3. Kompetisi

Anak pasti suka bermain game. Jika diarahkan dengan benar, maka bermain game bisa memberikan mereka kemampuan untuk berkompetisi dengan sportif.

Hal ini juga akan berguna terutama bagi anak dalam menghadapi tantangan di masa depan.

4. Edukasi

Teknologi sudah banyak membantu proses edukasi anak. Dengan menggunakan smartphone, anak bisa mengakses situs-situs edukasi di internet dan menemukan banyak materi riset yang sangat berguna.

Presentasi visual, video edukasi, program interaktif, tutorial belajar dan berbagai macam buku dapat ditemukan setiap saat di internet. Selama satu tahun terakhir pun anak-anak sudah belajar di sekolah secara virtual dengan guru dan teman-teman mereka.

5. Dapat pengawasan orangtua

Saat anak menggunakan gadget seperti smartphone, orang tua berperan dalam mengawasi dan memastikan bahwa smartphone dapat memberikan manfaat lebih.

*Sumber: suara.com

0 komentar:

Posting Komentar