Pages

Senin, 28 Juni 2021

Orangtua Jangan Panik, Ini 4 Langkah Deteksi Alergi Pada Anak

Senin, 28 Juni 2021 17:46:20

Orangtua Jangan Panik, Ini 4 Langkah Deteksi Alergi Pada Anak

 

 

 

 

 

 

 

Orangtua perlu lebih peka dan perhatian jika anak memiliki alergi, agar tidak menganggu tumbuh kembang mereka di masa mendatang.

Hal tersebut dikatakan oleh Dokter Konsultan Alergi Imunologi Anak - Profesor Budi Setiabudiawan belum lama ini.

"Jika kondisi alergi terdiagnosis sejak awal dan segera dikonsultasikan ke dokter maka dapat dilakukan tata laksana yang tepat sehingga tumbuh kembangnya optimal," ujarnya dalam acara World Allergy Week 2021, Sabtu, (26/6/2021).

Di era digital seperti sekarang, cek alergi juga bisa dilakukan melalui aplikasi digital. Salah satunya seperti yang diluncurkan Klikdokter dan Morinaga.

Orangtua hanya perlu melakukan empat langkah mudah berikut ini:

1. Kenali gejala alergi anak

Orangtua bisa mencaritahu gejala alergi anak dengan mengakses situs kesehatan terpercaya. Biasanya dalam situs tersebut berisi modul digital yang membantu orangtua untuk mengakses berbagai informasi mengenai alergi.

2. Pantau pertumbuhan anak

Salah satu caranya dengan mengukur berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala yang sesuai dengan usia dan jenis kelamin, berdasarkan standar World Health Organization (WHO) yang ada dalam Kartu Menuju Sehat dari Kementerian Kesehatan Indonesia.

3. Deteksi dini alergi anak

Di akhir pengecekan dalam aplikasi, orangtua akan diberikan informasi mengenai tingkat risiko alergi anak beserta status pertumbuhannya. Informasi tersebut dapat digunakan sebagai deteksi dini alergi yang pastinya harus dikonsultasikan dengan dokter.

4. Bergabung komunitas alergi anak.

Ini jadi salah satu langkah terpenting dalam menyebarluaskan informasi yang tepat khususnya mengenai alergi pada anak, agar sedini mungkin dapat dilakukan pencegahan dan penanganan yang tepat.

Biasanya lewat komunitas orantua akan lebih banyak mendapatkan informasi, bahkan akses edukasi kepada tenaga medis dan pakar lebih terbuka. Salah satu komunitas yang bisa diikuti yakni Allergy Solution Smart Community (ALLYSCA) yang dapat diakses melalui laman resmi klikdokter.

*Sumber: suara.com

0 komentar:

Posting Komentar