SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS/WA 0852 5968 1245 || Facebook : Nuansa Bojonegoro || Twitter : @nuansafmbjn || Instagram : @nuansaradio || E-Mail : nuansaradio722@gmail.com || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Selasa, 09 Maret 2021

Simak! 7 Alasan Utama Mengapa ASI Penting untuk Bayi

Selasa, 09 Maret 2021 18:35:00

Simak! 7 Alasan Utama Mengapa ASI Penting untuk Bayi

 

 

 

 

 

 

 

Air susu ibu (ASI) adalah asupan yang penting kepada bayi yang baru lahir. ASI menjadi makanan yang sempurna untuk bayi karena memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuhnya.

Melansir Today's Parent, waktu pemberian ASI biasanya dimulai sejak dilahirkan hingga berusia dua tahun.

Pada beberapa anak, pemberian ASI biasanya hanya sampai beberapa bulan. Selain itu, terdapat beberapa anak yang bahkan tidak mendapatkan asupan ASI dan menggantinya dengan susu formula.

Padahal, ASI memberikan manfaat yang banyak bagi bayi. Berikut beberapa alasan mengapa memberi ASI penting bagi bayi.

1. Nutrisi pada ASI berkembang sesuai pertumbuhan bayi

Jika membeli susu formula biasaya terdapat aturan untuk usia bayi. Hal tersebut karena kebutuhan nutrisi bayi berubah sesuai perkembangan tubuhnya.

Namun, nutrisi yang terdapat pada ASI rupanya akan berkembang mengikuti pertumbuhan bayi. Nutrisi yang terkandung tersebut disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

2. Meningkatkan kekebalan bayi

ASI akan mentransfer antibodi kepada bayi yang berguna untuk melindunginya dari berbagai penyakit. Sebuah studi tahun 2016 dari University of California Riverside menemukan, ada sel-sel kekebalan dalam ASI yang masuk ke dalam bayi.

ASI juga mengajarkan sel-sel bayi untuk mengembangkan pertahanan terhadap penyerang yang sama dengan yang dialami sang ibu.

3. ASI membantu bayi prematur berkembang

Dalam penelitian menemukan, bayi yang lahir secara prematur jika diberikan ASI akan memberikan pertumbuhan pada tubuh dan otak. Selain itu, ASI ibu yang lahir secara prematur memiliki kandungan yang berbeda dari yang lahir pada cukup waktu.

Hal ini karena ASI akan menyesuaikan kebutuhan energi bayi prematur sehingga membantunya untuk berkembang.

4. Menyusui dapat melindungi dari SIDS

Beberapa kasus melahirkan dapat menyebabkan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Biasanya hal ini sering terjadi ketika bayi berusia hingga berusia satu tahun.

Namun, rupanya ASI dapat mengurangi risiko terjadinya SIDS pada bayi. Sebuah studi tahun 2017 menemukan, bayi yang meminum ASI setidaknya selama dua bulan dapat mengurangi risiko SIDS, walaupun waktu menyusui tidak lama.

5. Menghindari bayi dari stres

Dalam studi tahun 2018, dalam jurnal Pediatrics menemukan, bayi yang mengonsumsi ASI selama lima bulan pertama dapat menghindari stres pada dirinya. Hal ini karena ASI akan mengatur hormon stres dalam dirinya.

6. Mencegah eksim

Seperti yang kita ketahui, eksim merupakan kondisi kulit yang berubah menjadi merah, gatal, dan meradang.

Dalam penelitian ditemukan ASI dapat membuat bayi terhindari dari eksim pada bayi hingga dirinya dewasa.

7. Mengurangi risiko obesitas

ASI ekslusif dapat mengurangi risiko bayi mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini juga melindunginya dari berbagai kondisi lain akibat obesitas, seperti diabetes dan gangguan apnea tidur.

Di samping itu, ASI juga mengandung hormon dan senyawa lain yang membantu mengatur asupan makanan dan keseimbangan energi bagi tubuh bayi.

*Sumber: suara.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar