Jumat, 15 Juli 2022

5 Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh, Baik bagi Penderita Asam Urat

Jum'at, 15 Juli 2022 19:38:02

5 Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh, Baik bagi Penderita Asam Urat

 

 

 

 

 

 

 

 

Pandan adalah jenis tanaman yang memiliki aroma dan banyak manfaat sebagai bumbu masakan. Selain sebagai bumbu masakan, daun pandan ini digunakan sebagai obat herbal yang kaya akan khasiat. Lantas bagaimana khasiat daun pandan untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

Pandan tumbuh subur di kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia. Tak heran apabila banyak masyarakat menggunakan daun pandan sebagai pewangi berbagai jenis makanan dan minuman. Dilansir dari Healthline, tanaman yang memiliki nama latin Pandanus Amaryllifolius ini kaya akan nutrisi antara lain kalori, protein, vitamin A, karbohidrat, serat, zat besi, kalsium dan fosfor.

Vitamin A pada daun pandan penting untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Zat besi dapat membantu menangkal kondisi seperti anemia dan membantu sirkulasi darah dan oksigen tepat. Daun pandan juga menjadi sumber serat yang baik untuk menjaga usus bekerja lebih optimal untuk menyerap nutrisi.

Selain itu ada beberapa khasiat daun pandan untuk kesehatan tubuh yang wajib untuk diketahui.

1. Menurunkan tekanan darah

Daun pandan memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Anda dapat menggunakan daun pandan apabila mengalami gejala pusing hingga dapat membantu mencegah terjadinya stroke.

2. Meredakan asam urat

Anda dapat menggunakan daun pandan yang diolah menjadi teh untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Teh daun pandan dapat diminum secara rutin juga dapat membantu menghilangkan batu ginjal pada tubuh.



3. Mencegah penyakit jantung

Dikutip dari WebMD, daun pandan baik untuk jantung karena ditemukannya sumber karotenoid. Hal ini berfungsi untuk mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis atau penyempitan arteri jantung karena penumpukan plak.

4. Perawatan kulit dan rambut

Daun pandan juga dipercaya dapat membantu perawatan serta menutrisi kulit dan mencegah rambut berketombe. Anda dapat menggunakan daun pandan untuk keramas serta mengoleskannya ke kulit.

5. Meningkatkan stamina tubuh

Daun pandan memiliki fungsi untuk meningkatkan stamina tubuh. Caranya dengan merebus lima lembar daun pandan dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan biarkan hingga dingin. Anda dapat menambahkan beberapa tetes lemon ke dalam air dan minum secara rutin setiap 2 hari sekali.

Nah, itulah beberapa khasiat daun pandan yang baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

*Sumber: suara.com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

STREAMING

SPOT

LIVE SUPPORT

PT. RADIO NUANSA FM BOJONEGORO
Jln. Mliwis Rt 24 Rw 8 Kec. Sumberrejo Kab. Bojonegoro
Telp : (0353) 331399 / 0852 5935 8278
E-Mail : nuansaradio722@gmail.com
RADIO NUANSA FM © 2024 Desain By RUDI TORO SETIAWAN