Pages

Senin, 12 Oktober 2020

Usia di Atas 20 Tahun Masih Bisa Tambah Tinggi? Begini Penjelasan Dokter!

Senin, 12 Oktober 2020 18:26:57

Usia di Atas 20 Tahun Masih Bisa Tambah Tinggi? Begini Penjelasan Dokter!

Memiliki tumbuh tinggi ideal merupakan dambaan banyak orang. Beberapa bahkan rela melakukan olahraga apa pun untuk merangsang agar tubuh meninggi.

Sayangnya secara ilmiah, tubuh manusia memiliki batas waktu untuk bisa bertambah tinggi.

Dikatakan dokter spesialis olahraga dr. Andhika Raspati Sp.KO, ada bagian tulang yang membuat tubuh manusia lebih tinggi yaitu epiphyseal plate.

"Seorang manusia bisa bertambah tinggi saat masa pertumbuhan karena dia punya epiphyseal plate. Bagian itu tumbuh dan memanjang sehingga membuat orang bisa bertambah tiggi," jelasnya dikutip dari tayangan IGTV @dhika.dr, Minggu (11/10/2020).

Sayangnya 'kemampuan' epiphyseal plate untuk membuat tubuh bertambah tingg memiliki batas waktu. Rata-rata saat manusia berusia 18 tahun bagian tersebut akan menutup sehingga pertumbuhan tulang juga ikut berhenti.

"Dan kala epiphyseal plate sudah menutup dia gak akan bisa buka tutup. Akan menutup selamanya. Bayangin kalau epiphyseal plate bisa buka tutup orang akan terus tumbuh tinggi seumur hidup," ucap dokter Dhika.

Menurutnya, jika epiphyseal plate tidak menutup hingga usia seseorang lebih dari 20 tahun, maka kemungkinan terjadi kelainan.

Sementara itu, ada pendapat yang mengatakan  seseorang bisa bertambah tinggi meski telah melewati usia pertumbuhan. Dari sisi medis, Dhika menjelaskan bahwa itu terjadi karena alat yang meregangkan struktur tulang belakang.

"Tulang belakang ada bagian yang elastis. Kalau diregangkan maka itu bisa tambah panjang tulang belakangnya, makanya tambah tinggi. Tapi dipakai jalan lagi pakai aktivitas ya lama-lama kena tekanan pendek lagi. Itu juga paling cuma beberapa senti (tambah tinggi)," katanya.

"Jadi teman-teman yang udah usia dia atas 18-20 tahun teorinya gak bisa lagi tinggi," pungkas dokter Dhika.

*Sumber: suara.com

0 komentar:

Posting Komentar