SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS/WA 0852 5968 1245 || Facebook : Nuansa Bojonegoro || Twitter : @nuansafmbjn || Instagram : @nuansaradio || E-Mail : nuansaradio722@gmail.com || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Sabtu, 11 Juli 2020

Bersepeda Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui

Sabtu, 11 Juli 2020 17:21:04

Bersepeda Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui

Beberapa waktu belakangan ini bersepeda sepertinya sedang kembali tren. Jalanan yang cenderung sepi selama masa pandemi membuat banyak orang ingin berolahraga atau sekadar keliling kota menggunakan sepeda.

Tak hanya itu, sebagian dari kita bersepeda untuk membantu menurunkan berat badan. Apakah kamu salah satunya? Jika kamu sedang rajin bersepeda dan ingin berat badan jadi lebih ideal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya menurunkan berat badan dengan bersepeda bisa lebih maksimal. Mulai dari memperhatikan asupan makanan, mengatur kecepatan, hingga menghindari dehidrasi. Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut kumparanWOMAN telah merangkum lima tips menurunkan berat badan dengan bersepeda.

Pastikan makan sebelum bersepeda

Sebelum melakukan olahraga, sebaiknya memang kita mengisi perut terlebih dahulu. Ini bisa  mengurangi risiko kehabisan energi selama berolahraga. Jika memilih bersepeda di pagi hari, Ladies bisa sarapan dulu dengan oatmeal, roti dan telur, atau sayuran tinggi serat. Kalau waktu bersepeda kamu adalah sore atau malam, kamu bisa mengkonsumsi buah seperti apel dan pisang. Jenis makanan seperti itu bisa memberikan energi pada tubuh sehingga bersepeda bisa lebih maksimal.

Perhatikan kekuatan mengayuh sepeda

Menurunkan berat badan dengan bersepeda bukan berarti kamu harus mengayuh secepat-cepatnya supaya lemak bisa cepat terbakar. Sebab mengayuh dengan kekuatan penuh justru akan membuat kamu lebih cepat lelah dan bersepeda jadi tidak maksimal.

Oleh karena itu, kamu harus menemukan intensitas bersepeda yang tidak terlalu kencang tapi juga tidak terlalu pelan. Lakukan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu kamu bisa mengayuh sepeda dengan kecepatan sedikit lebih tinggi dan kemudian turunkan kecepatannya secara perlahan.

Kamu bisa mengukur kecepatan bersepeda menggunakan monitor detak jantung yang ada di smart watch. Pastikan detak jantung kamu tidak melebihi angka 68-79 persen. Kecepatan tersebut bisa membantu kamu menurunkan berat badan dengan maksimal.

Hitung kalori yang dikurangi selama bersepeda

Ladies, jika kamu ingin serius mengurangi berat badan dengan bersepeda, pastikan kamu tidak hanya memantau kalori yang masuk tetapi juga kalori yang dibakar oleh tubuh.

Menghitung kalori yang terbakar saat bersepeda akan lebih mudah jika kamu memiliki smart watch. Tapi jika tidak memilikinya, kamu bisa berkonsultasi pada ahli gizi tentang Basal Metabolic Rate (BMR) kamu. BMR adalah jumlah kalori dalam tubuh yang kamu miliki jika tidak sedang melakukan kegiatan apapun.

Jika kamu melakukannya dengan maksimal, satu jam bersepeda setiap hari bisa membantu kamu membakar banyak kalori. Pastikan kamu tidak terobsesi dan membakar lebih dari 500 kalori supaya tubuh tidak kelaparan dan lemas.

Mengimbanginya dengan diet sehat

Seperti halnya olahraga lain, menurunkan berat badan dengan bersepeda juga perlu diimbangi dengan diet sehat. Sebab membakar lemak saja belum tentu membuat tubuh kamu jadi lebih sehat. Untuk itu, Ladies bisa melakukan diet sehat yang tidak membahayakan tubuh. Misalnya seperti sarapan sayuran, mengkonsumsi buah-buahan tanpa diolah, hingga mengurangi asupan garam.

Selain membantu mempercepat turunnya berat badan, diet juga bisa membuat tubuh jadi lebih sehat dan fresh.

Menghidrasi tubuh dengan baik

Membakar kalori artinya kamu akan mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh. Cairan ini biasanya berbentuk keringat atau urin. Supaya kamu tidak dehidrasi, pastikan kamu minum air putih sesuai aturan. Per harinya kita memang disarankan para ahli untuk mengkonsumsi minimal delapan gelas. Hal ini perlu dilakukan supaya tubuh tidak mudah dehidrasi.

Jika ingin meminum minuman dengan rasa setelah bersepeda, kamu bisa mengkonsumsi jus buah tanpa gula atau infused water.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar