SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS/WA 0852 5968 1245 || Facebook : Nuansa Bojonegoro || Twitter : @nuansafmbjn || Instagram : @nuansaradio || E-Mail : nuansaradio722@gmail.com || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Minggu, 14 Juni 2020

Kembali Beraktivitas, ini Tips Tingkatkan Imunitas untuk Lansia

Minggu, 14 Juni 2020 17:21:33

Kembali Beraktivitas, ini Tips Tingkatkan Imunitas untuk Lansia

Dunia, termasuk Indonesia, memutuskan untuk “berdamai” dengan virus corona. Salah satunya melalui penerapan new normal alias kenormalan baru. Dengan menyesuaikan protokol kesehatan, orang-orang sudah kembali diizinkan beraktivitas di luar rumah. Sayangnya, belum tersedia vaksin untuk mencegah penularan virus masih menjadi hal yang harus diwaspadai.

Seperti diketahui sebelumnya, virus ini bisa menyerang siapa saja, tetapi risikonya menjadi lebih besar pada lansia. Karena belum ada vaksin, menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan imunitas menjadi bekal utama untuk mencegah penularan corona. Lantas, apa saja tips yang bisa diterapkan untuk meningkatkan imunitas lansia yang harus kembali beraktivitas di luar rumah? Simak jawabannya di bawah ini!

Meningkatkan Imunitas pada Lansia
Daya tahan tubuh alias imunitas menjadi hal yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Imunitas yang terjadi dengan baik akan melindungi tugus agar tidak mudah terserang infeksi atau penyakit lainnya. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menjaga daya tahan tubuh, salah satunya menerapkan gaya hidup sehat.

Kesehatan tubuh dan imunitas bisa dijaga dengan cukup beristirahat, banyak minum air putih, rutin berolahraga, serta hindari konsumsi alkohol dan rokok. Selain itu, mengonsumsi makanan tertentu juga ternyata bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Agar selalu sehat, biasakan untuk memperbanyak konsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur.

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur bisa membantu melindungi tubuh. Asupan nutrisi tersebut bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain buah dan sayur, ada jenis makanan lain yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas lansia, di antaranya:

Telur
Salah satu “makanan sehat” yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imun adalah telur. Jenis makanan yang satu ini kaya akan kandungan protein dan vitamin yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Yoghurt
Selain telur, lansia juga bisa mencoba konsumsi yoghurt untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Yoghurt bisa membantu memperkuat usus, sehingga bisa membantu mencegah penyakit pencernaan.

Jahe dan Kunyit
Jahe dan kunyit menjadi jenis rempah-rempah yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Ternyata, mengonsumsi keduanya juga bisa membantu mencegah serangan penyakit, lho! Rutin mengonsumsi jahe dan kunyit bisa membantu tubuh melawan infeksi serta jenis penyakit lain yang rentan menyerang lansia. Rempah-rempah juga bisa membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak, sehingga meningkatkan fungsi imun dalam melawan virus atau bakteri penyebab penyakit.

Perbanyak Air Putih
Meningkatkan imunitas juga bisa dilakukan dengan perbanyak minum air putih. Orang dewasa, termasuk lansia, membutuhkan asupan air putih setidaknya delapan gelas setiap hari. Hal ini penting untuk menghidrasi tubuh sehingga risiko serangan penyakit pun menjadi lebih kecil. Sebab saat tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi, fungsi sistem kekebalan tubuh pun akan mengalami penurunan.

Mengonsumsi makanan sehat untuk meningkatkan imunitas nyatanya bukan bualan belaka. Jenis-jenis makanan tersebut, dibarengi dengan penerapan gaya hidup sehat bisa membantu menjaga jantung tetap aktif, serta memelihara kesehatan otak. Dan yang paling penting, penerapan gaya hidup sehat bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Sumber: https://www.halodoc.com/kembali-beraktivitas-
ini-tips-tingkatkan-imunitas-untuk-lansia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar