SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS/WA 0852 5968 1245 || Facebook : Nuansa Bojonegoro || Twitter : @nuansafmbjn || Instagram : @nuansaradio || E-Mail : nuansaradio722@gmail.com || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Minggu, 03 Mei 2020

5 Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Coba selama Puasa

Minggu, 03 Mei 2020 17:08:57

5 Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Coba selama Puasa

Selama bulan Ramadhan, bukan hanya pola makan dan istirahat saja yang harus dijaga agar tubuh bisa tetap sehat, tetapi kamu juga harus tetap melakukan olahraga supaya kebugaran tubuh terjaga. Apalagi di momen pandemi corona seperti sekarang ini, kita juga harus bisa menjaga imun tubuh agar tidak menurun.

Sayangnya, hingga saat ini sebagian dari kamu mungkin masih dilema melakukan olahraga saat sedang puasa. Banyak yang merasa ragu bila nantinya olahraga ketika puasa bisa membuat tubuh mudah lelah dan tidak kuat untuk melanjutkan puasa.

Menurut Melly Stevenson, personal trainer dan mantan atlet bodybuilder perempuan, olahraga yang paling cocok dilakukan saat berpuasa adalah semua jenis latihan low impact atau olahraga ringan. Ia menyarankan supaya kamu berolahraga selama 30 menit sampai satu jam saja per hari supaya tubuh tidak lemas.

Lalu olahraga ringan apa saja yang bisa dilakukan selama puasa? Berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya khusus untuk kamu.

Pilates

Hampir mirip dengan yoga, pilates juga merupakan olahraga low impact yang tidak membutuhkan banyak tenaga saat melakukannya. Kamu hanya perlu konsentrasi dan fokus, sekaligus melakukan gerakan fisik yang selaras. Selain itu, pilates juga membutuhkan teknik pernapasan khusus, sebab seluruh gerakannya tidak akan lengkap tanpa dibarengi dengan cara pernapasan yang tepat. Jika rutin melakukannya, olahraga ini bisa meningkatkan kelenturan tubuh, memperbaiki postur, menguatkan otot, serta menyeimbangkan tulang belakang kamu Ladies.

Yoga

Bisa dibilang yoga merupakan salah satu olahraga yang sangat cocok untuk dilakukan saat bulan Ramadhan. Karena dalam melakukan yoga fokus utamanya adalah olah pernapasan. Gerakan yang perlu dilakukan juga tidak banyak membuang energi jadi bisa mengurangi risiko dehidrasi. Selama puasa, yoga baik dilakukan sebelum buka puasa atau setidaknya dua jam setelah buka puasa.

Jalan cepat

Meski terlihat sangat mudah, ternyata jalan kaki atau jalan cepat juga bisa membantu kamu membakar kalori lho Ladies. Tak hanya itu, jalan kaki juga bisa meredakan stres. Kamu bisa melakukan kegiatan ini di sore hari menjelang buka puasa. Tak perlu jauh-jauh, cukup keliling komplek saja sudah bisa membuat kamu berkeringat. Tetapi kalau ragu untuk keluar rumah selama masa pandemi ini, kamu bisa menggantinya dengan jalan di tempat selama 15 menit di rumah saja.

Bodyweight exercise

Body weight exercise ini terdiri dari serangkaian olahraga. Mulai dari sit up, push up, squat, lunges, hingga jumping jacks. Jika belum pernah melakukannya, kamu bisa menggunakan panduan dari YouTube atau aplikasi olahraga seperti 7 Minutes Workout yang memiliki berbagai variasi gerakan bodyweight exercise.

Naik turun tangga

Aktivitas yang satu ini bisa menggantikan lari dan bersepeda Ladies. Kalau kamu memiliki rumah dua lantai, kamu bisa melakukannya setiap hari setelah berbuka puasa. Agar terhindar dari cedera, usahakan kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukannya. Tak hanya bisa membakar kalori, naik turun tangga juga bisa melatih kekuatan otot paha dan kaki.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar