SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS/WA 0852 5968 1245 || Facebook : Nuansa Bojonegoro || Twitter : @nuansafmbjn || Instagram : @nuansaradio || E-Mail : nuansaradio722@gmail.com || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Rabu, 01 April 2020

Tak ke Kampus, Bantu Lawan Corona dengan Hal Berikut

Rabu, 01 April 2020 17:32:14

Tak ke Kampus, Bantu Lawan Corona dengan Hal Berikut

Penyebaran virus corona atau COVID-19 yang kian meluas, membuat sejumlah perusahaan memberlakukan sistem WFH (Work From Home), tak terkecuali instansi pendidikan seperti perguruan tinggi yang melaksanakan kuliah secara daring.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19 dengan menjauhi para mahasiswa berada di keramaian atau ruang publik.

Lantas, apa yang harus kamu lakukan ketika melakukan self quarantine di rumah?

Proteksi diri dengan physical distancing

Jika perguruan tinggi atau universitas tempat kamu belajar memberlakukan sistem kuliah daring, ini bukanlah tanda bahwa kamu bisa bepergian kemana-mana, ya.

Ini adalah bentuk kepedulian dari pihak universitas kepadamu agar terhindar dari kemungkinan terjangkit virus COVID-19. Maka, terapkanlah sistem physical distancing dengan berada di rumah.

Kalau ada keperluan yang membuatmu harus keluar dari rumah, jagalah jarakmu dengan orang lain serta gunakanlah masker dan hand sanitizer untuk melindungimu dari berbagai virus.


Gaya hidup bersih dan sehat

Berada di dalam rumah tidak menjamin kamu bebas dari virus dan kuman penyakit. Maka dari itu, sangat penting untuk tetap menjaga kebersihan, ya.

Selain menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, kamu juga perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta vitamin agar membuat daya tahan tubuh kuat.

Manfaatkan medsos untuk menyebarkan hal positif

Berkembang pemberitaan tentang jumlah pasien positif COVID-19 yang semakin meluas di sosial media membuat banyak orang panik. Wajar jika kamu panik dan takut, namun janganlah berlebihan.

Jika kamu menerima berita mengenai penyebaran virus ini, bacalah terlebih dahulu berita tersebut. Sebarkan jika memang memiliki dampak positif bagi orang lain. Hindarilah hoax serta berita tidak bermanfaat yang justru membuat masyarakat semakin resah.

Ingat, yang khawatir bukan hanya kamu, melainkan banyak orang. Maka, jadikanlah media sosial sebagai platform untuk menginspirasi atau menyebarkan berita positif, ya.

Jika terdapat gejala, periksa ke layanan kesehatan

Walaupun berada di dalam rumah, tak menutup kemungkinan kamu bisa terserang virus ini. Maka, jangan sepelekan gejala seringan apapun, ya. Jika mengalami gejala flu seperti batuk, bersin, sesak nafas hingga demam tinggi, kamu sangat disarankan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatanmu ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Melakukan pemeriksaan sedini mungkin juga merupakan bentuk upaya meminimalisir tingkat penyebaran COVID-19 ke lingkungan terdekatmu, lho.

Tetap aktif di rumah, termasuk melakukan pembelajaran dan ujian online

Berada di rumah, bukan berarti kamu bisa hanya tidur, makan, bermain, dan menonton, ya. Kamu masih memiliki kewajiban untuk menyelesaikan tugasmu di semester ini.

Tetap aktif memeriksa grup kelas atau kelompok jika terdapat tugas yang diberikan oleh dosen secara online. Tak hanya itu, karena memasuki masa ujian tengah semester, kamu perlu mengerjakan tugas atau soal ujian secara online.

Pastikan kamu dapat mengerjakan dan mengumpulkannya tepat waktu. Tugas dan ujian yang diberikan secara online merupakan bentuk absensi yang diberikan pihak kampus kepadamu, lho.

Walaupun kamu di rumah, kamu harus tetap menjalankan tugasmu sebagai mahasiswa. Terlebih, jika kamu ingin tetap mendapat nilai terbaik di semester ini, kamu harus mengerjakan tugas maupun ujian online.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar