SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS/WA 0852 5968 1245 || Facebook : Nuansa Bojonegoro || Twitter : @nuansafmbjn || Instagram : @nuansaradio || E-Mail : nuansaradio722@gmail.com || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Jumat, 03 April 2020

Mengapa Kebahagiaan Penting dalam Tumbuh Kembang Anak?

Jum'at, 03 April 2020 17:33:10

Mengapa Kebahagiaan Penting dalam Tumbuh Kembang Anak?

Setiap orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk anak, termasuk dalam mendidik dan memastikannya bahagia atau grow happy. Moms, memastikan anak happy tak hanya sebatas pada saat Anda membelikan mainan yang ia suka saja. Tetapi juga memastikan anak merasa bahagia dalam setiap proses tumbuh kembangnya.

Meskipun parameter bahagia memang luas dan berbeda bagi setiap orang, Anda dapat mengenali tanda-tanda saat si kecil bahagia, Moms. Seperti aktif, mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, dan mudah bersosialisasi.

Saat si kecil aktif, maka biasanya ia akan senang bermain. Seolah punya tenaga yang tak pernah habis, si kecil rasanya tidak pernah merasa lelah saat melakukan banyak aktivitas. Ia akan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi karena selalu penasaran terhadap hal-hal yang menarik perhatiannya.

Sebagai orang tua, Anda tidak perlu khawatir, Moms. Selama masih dalam pengawasan, biarkan si kecil mencari sendiri jawaban atas hal-hal menarik tersebut. Dalam sebuah studi dari The University of Edinburgh yang dilansir Inc., orang tua yang memberikan kebebasan cenderung memiliki anak-anak yang lebih bahagia di masa depan.

Selain itu, perilaku aktif juga akan mengantarkan si kecil pada kemampuan bersosialisasi yang baik. Sebab, ketika ia aktif bermain di luar bersama teman-temannya, intensitas bertemu dengan teman sebayanya pun semakin sering. Apabila si kecil bahagia, ia akan mudah berempati dan memudahkannya untuk berteman. Hal tersebut juga akan memengaruhi perkembangan kecerdasan moralnya.

Dalam penelitian yang dilansir Psychology Today, anak-anak yang memiliki masa kecil yang bahagia akan mempunyai hubungan sosial yang luas, rasa percaya diri yang tinggi, juga gaya hidup yang sehat.

Tak hanya itu, seperti dilansir The Guardian, menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu pakar terkemuka di Inggris, Richard Layard, kebahagiaan pada masa anak-anak akan memiliki dampak yang lebih besar pada prestasi dalam pembelajaran, pekerjaan, maupun kekayaan.

Oleh sebab itu, Moms, penting bagi Anda untuk memastikan si kecil bahagia dalam proses tumbuh kembangnya karena hal tersebut sangat memengaruhi masa depannya kelak.

Nah ternyata, kebahagiaan dapat diciptakan sejak kecil lho, Moms. Caranya adalah dengan membangun interaksi positif dan berkualitas antara Anda dan si kecil, membantu si kecil melatih emosinya sejak dini, membuat rutinitas dan aturan bersama, serta melatih kebiasaan bersyukur dan berbuat baik sejak dini.

Selain itu, jangan lupa memberikan makanan bergizi terutama makanan yang membantu kesehatan pencernaan anak. Sebab, 80% sel imun terdapat di pencernaan. Saat pencernaan si kecil sehat, ia akan punya daya tahan tubuh yang kuat untuk menjalani aktivitasnya, Moms.

Asupan yang baik bagi tubuh seperti makanan atau minuman yang mengandung probiotik dapat mendukung kesehatan saluran cerna si kecil.

Seperti dilansir US National Library of Medicine, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik dapat menurunkan populasi bakteri berbahaya dengan meningkatkan populasi mikroorganisme pelindung. Hal tersebut akan membuat fungsi pencernaan si kecil terjaga.

Ternyata, kebahagiaan si kecil merupakan salah satu faktor penting dalam tumbuh kembangnya. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk terus mengapresiasi setiap langkah yang membuat si kecil grow happy ya, Moms.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar