SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS/WA 0852 5968 1245 || Facebook : Nuansa Bojonegoro || Twitter : @nuansafmbjn || Instagram : @nuansaradio || E-Mail : nuansaradio722@gmail.com || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Minggu, 12 April 2020

Berikut Makanan Sehat, Mudah Dibuat dan Efisien

Minggu, 12 April 2020 17:16:29

Berikut Makanan Sehat, Mudah Dibuat dan Efisien
 
Hidup dimulai dari makanan yang Anda makan. Hal tersebut tentunya tak salah karena kesehatan Anda saat ini ditentukan oleh apa yang Anda makan kemarin. Menu makanan sehat tak selamanya mahal, nyatanya Anda pun bisa memasaknya sendiri di rumah. Mulai dari menu yang simple namun sehat, hingga menu makanan yang terbilang tricky saat memasaknya dan bumbu-bumbu yang sulit untuk dicari.

Kali ini akan membahas beberapa makanan sehat yang dapat Anda buat sendiri di rumah atau jika Anda ingin membelinya tentunya harganya tidaklah terlalu mahal. Berikut ulasan selengkapnya :
Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah.

1. Nasi Goreng

Menu makanan pertama yang paling mudah dijumpai dan paling mudah dibuat di rumah adalah nasi goreng. Hampir semua rumah makan menawarkan menu satu ini meskipun dengan varian yang berbeda-beda. 

Namun sayangnya tak semua tempat yang menjual nasi goreng diolah secara sehat.
Oleh karenanya dengan membuatnya sendiri di rumah kita tentunya dapat menakar sendiri seberapa sehat makanan Anda.  

Untuk menambah sisi sehat, Anda pun bisa menambahkan beberapa sayuran seperti kacang polong, buncis sawi hingga wortel. Hal ini bertujuan untuk menambah nutrisi pada nasi goreng tersebut. Jangan lupa pula pada saat menggoreng nasinya menggunakan olive oil agar rendah kalori.

2. Sayur Sop

Menu makanan sehat selanjutnya yang bisa Anda coba adalah sup sayuran. Sup tergolong makanan yang cukup sehat lantaran terbuat dari berbagai jenis sayuran serta daging ayam. Beberapa sayuran diantaranya yang terdapat didalam sayur sop adalah wortel, kol, kentang, buncis, hingga daun bawang. Untuk menambah varian isinya Anda pun bisa menambahkan ayam, tahu, hingga jamur.

Untuk membuat sup sayur yang sehat adalah beberapa trik mudah yang dapat Anda jalankan. Salah satunya adalah saat Anda menumis bawang merah dan bawang putih Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau olive oil untuk membuat kandungan lemaknya semakin rendah. Sehingga nutrisi sayuran yang ada dalam sup tak terganggu dengan kandungan kolesterol bahan yang lain.

3. Sambal Tempe

Menu makanan yang sehat namun murah selanjutnya adalah tempe sambal. Seperti Kita ketahui, tempe mengandung banyak protein nabati yang bagus untuk tubuh. Selain itu harga tempe pun terbilang cukup murah.

Sedangkan kandungan nutrisinya untuk satu porsi tempe adalah sebanding dengan 3 ons tempe yang memiliki 160 kalori, 15 gram protein nabati dan 9 gram lemak. Selain itu tempe juga teruji klinis mengandung mineral seperti zat besi, vitamin B, kalsium, kalium hingga magnesium.

Cara membuat sambal tempe pun terbilang cukup mudah dimana Anda cukup menggoreng tempe seperti biasa kemudian buatlah sambal yang Anda sukai. Biasanya sambal yang sehat adalah terdiri dari sayuran yang masih segar baik cabai, tomat hingga bawangnya.

4. Sandwich

Menu sehat berikutnya yang bisa Anda coba buat di rumah adalah Sandwich. Makanan yang terkenal dari Eropa ini cocok untuk Anda yang hendak melakukan aktivitas karena kandungan nutrisinya lebih banyak.

Selain rasanya yang enak, sandwich juga mudah untuk dibuat. Anda pun  cukup menyediakan roti tawar, potongan tomat, daun selada, timun, telur yang diceplok, mayonais dan tak lupa ditambah dengan keju.

Untuk menambah cita rasa lezat Anda bisa menambahkan ikan, saus hingga telur rebus yang dipotong-potong. Untuk menambah tekstur yang crunchy Anda bisa memanggang roti tersebut terlebih dahulu.

Kemudian jangan lupa untuk menyusun sandwich sesuai keinginan Anda. Agar kenyang yang Anda rasakan tahan lama, Anda bisa menggunakan roti gandum sebagai balutan luarnya.

5. Gado-Gado

Makanan satu ini terbilang cukup mudah untuk ditemui utamanya di Jakarta. Selain menawarkan makanan dengan harga yang relatif terjangkau Anda pun bisa membuat gado-gado di rumah dengan bahan yang mudah untuk dicari. Untuk membuatnya Anda cukup menyediakan beberapa macam sayuran yang menyehatkan dan jangan lupa untuk merebusnya.

Beberapa sayuran yang ada di dalam gado-gado diantaranya adalah tauge, wortel, kubis, kangkung, timun, tempe dan lain sebagainya. Untuk bumbunya Anda bisa menggunakan bumbu kacang instan. Anda cukup menyeduh dengan air hangat. Mudah dan praktis bukan?

6. Tumis Kangkung

Sebagai salah satu sayuran paling mudah ditemui, nyatanya kangkung juga banyak digunakan sebagai lauk. Selain itu untuk menemukan sayuran jenis ini pun terbilang cukup mudah.

Anda bisa mencarinya di pasar tradisional supermarket, hingga penjual sayuran keliling. Selain harga yang relatif murah, kangkung juga terbilang cukup lezat lantaran daunnya memiliki tekstur yang lembut namun batangnya tetap crispy.

Untuk membuat tumis kangkung bahan yang dibutuhkan pun tak terlalu banyak. Anda cukup menyediakan bawang putih, bawang merah, cabai, garam, dan saus tiram,.

Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda tinggal menumis semua bumbu kemudian masukkan kangkung yang telah dicuci bersih, lalu tambahkan sedikit air. Tumis sebentar sayur kangkung, lalu sajikan dalam keadaan masih hangat.

7. Sayur Bayam

Selain sayur kangkung, sayuran berikutnya yang dengan mudah ditemukan di pasar adalah sayur bayam. Sama seperti sayuran kangkung, bayam juga menawarkan harga yang cukup murah dan tentunya menyehatkan. Untuk mengolah bayam Anda bisa memasaknya menjadi sayur bayam bening yang menyehatkan.

Untuk membuat sayur bayam bening Anda cukup menyediakan bawang putih, bawang merah, cabai, garam, gula dan air. Untuk menambah kandungan gizinya Anda bisa menambahkan jagung manis. Semua bumbu yang telah Anda sediakan di atas cukup ditumis kemudian masukkan bayam dan tambahkan air. [lis]

Sumber: cermati.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar