Pages

Senin, 02 Maret 2020

Tips Cegah Anak Kena Gangguan Pencernaan di Musim Hujan

Senin,02 Maret 2020 18:21:59

Tips Cegah Anak Kena Gangguan Pencernaan di Musim Hujan

Pengaruh cuaca di musim hujan, secara tak langsung ternyata dapat mempengaruhi kesehatan anak. Ya Moms, selain flu, di musim hujan anak biasanya juga rentan terkena gangguan pencernaan. Sebab, di musim hujan biasanya banyak virus atau bakteri yang tercemar melalui udara.

Bahayanya, bakteri tersebut ternyata dapat ditemukan di mana saja. Mainan, remot televisi, gadget, dan berbagai barang lainnya yang sering disentuh bahkan dimasukkan ke dalam mulut si kecil. Oleh sebab itu, orang tua perlu melakukan pencegahan agar hal ini tidak mengganggu sistem pencernaan anak.

Bagaimana caranya?

Menurut Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Anak, dr. Frieda Handayani K., SpA (K), diare, gastroenteritis, dan gastritis (maag) menjadi beberapa gangguan pencernaan pada anak yang umum terjadi di musim hujan. Menurutnya, terdapat tiga hal yang dapat orang tua lakukan agar anak tidak terkena masalah tersebut.

Pertama adalah dengan meningkatkan daya tubuh anak dan tentunya diri Anda sendiri, Moms.

"Jadi, kalau ibunya enggak sehat, kurang bersih, anak akan otomatis tertular," kata dr. Frieda ketika ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Kedua, cegahlah agar anak tidak terkena paparan berlebih terhadap udara di luar rumah. Sebaiknya Anda juga menasihati anak agar menghindari berenang di musim hujan, karena akan ada bakteri atau virus yang tersebar di sana.

Ketiga, jangan lupa memastikan anak Anda cukup istirahat sesuai dengan usianya.

"Hal ini benar-benar harus dipenuh supaya daya tahan tubuh anaknya baik," ucap dokter yang juga praktik di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Tangerang Selatan tersebut.

Selain 3 poin di atas, dr. Frieda juga menyarankan agar orang tua tetap memberikan asupan nutrisi yang bergizi untuk anaknya. Sebab menurutnya, sekitar 70-80 persen antibodi berada di saluran cerna, sehingga si kecil perlu mendapat makanan sehat dan bergizi, agar antibodi-nya bisa bekerja dengan baik.

*Sumber: kumparan.com

0 komentar:

Posting Komentar