SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS/WA 0852 5968 1245 || Facebook : Nuansa Bojonegoro || Twitter : @nuansafmbjn || Instagram : @nuansaradio || E-Mail : nuansaradio722@gmail.com || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Kamis, 05 Maret 2020

Tips Ajarkan Anak Cuci Tangan dengan Menyenangkan

Kamis, 05 Maret 2020 17:15:20

Tips Ajarkan Anak Cuci Tangan dengan Menyenangkan

Bagi anak, cuci tangan bisa jadi hanya diartikan dengan membasahi tangan dengan air saja. Padahal, kegiatan cuci tangan lebih dari itu. Ya Moms, cara melakukan cuci tangan yang benar harus dilakukan dengan air mengalir, sabun antiseptik, dan melalui beberapa langkah.

Di tengah merebaknya isu seputar virus corona, maka Anda perlu mengajarkan anak gaya hidup sehat, salah satunya dengan rajin cuci tangan dengan benar. Tapi, bagaimana jika anak menolak diajarkan untuk mencuci tangan dengan benar?

Ya, anak memang mungkin saja bosan melakukan suatu kegiatan yang dianggapnya tidak menarik. Oleh karena itu, buatlah agar kegiatan cuci tangan terasa menyenangkan bagi anak.

Nah Moms, agar menyenangkan, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat ajarkan anak cuci tangan pada anak.

1. Bangku Pijakan yang Warna-Warni

Cobalah letakkan bangku pijakan di wastafel untuk membantunya meraih kran, Moms. Agar ia lebih tertarik, pilihlah bangku yang berwarna-warni atau yang sesuai dengan kartun kesukaannya. Bila Anda tidak menemukannya, Anda bisa membuat bersama bangku pijakan dengan balok kayu atau triplek di rumah lalu menghiasnya bersama si kecil sesuai keinginannya.

2. Menyanyikan Lagu Menyenangkan

Mencuci tangan yang bersih dan benar harus dilakukan setidaknya 20 detik, Moms. Bila selama itu, mungkin anak akan mudah bosan jika hanya mencuci tangan saja. Cobalah untuk mengajaknya menghitung bersama atau menyanyikan lagu yang menyenangkan seperti lagu balonku, naik-naik ke puncak gunung, satu-satu, dan masih banyak lagi.

3. Buat Bagan Hadiah Cuci Tangan

Kita semua tahu bahwa anak akan selalu senang menerima hadiah. Jadi, tak ada salahnya jika Anda memberikan hadiah ke anak bila ia mau rajin cuci tangan. Buatlah kolom setiap kali anak Anda mencuci tangan seperti sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, atau setelah bermain.
Selanjutnya, berikan stiker pada anak setiap kali ia ingat untuk mencuci tangan sendiri. Hadiahnya pun bisa berupa makanan kesukaannya atau kegiatan menyenangkan lainnya.

4. Sabun Berbusa

Segala sesuatu akan menjadi menarik bagi si kecil jika mencuci tangan dengan sabun berbusa. Dengan busa-busa tersebut anak, bisa bermain balon-balon sabun dan tidak bosan mencuci tangan.

5. Sabun yang Wangi

Mencuci tangan dengan sabun berbau harum bisa jadi motivasi si kecil untuk lebih rajin membersihkan tangannya. Ada kemungkinan anak-anak Anda akan mencuci tangannya dan berlari ke arah Anda untuk menunjukkan kepada Anda betapa wangi tangannya setelah mencuci tangan.

6. Tempat Sabun yang Lucu

Botol sabun cuci tangan yang dijual mungkin terlihat membosankan bagi si kecil. Jadi cobalah untuk membuat botol sabun cuci tangan sendiri di rumah, Moms. Anda bisa menghiasnya bersama anak, melukisnya, atau menempelkan stiker-stiker lucu di botol tersebut. Agar lebih hemat, Anda bisa membuatnya dari botol bekas yang sudah dicuci dan dibersihkan, kemudian diisi ulang dengan sabun pencuci tangan.

7. Berikan Pujian

Setiap usai melakukan kegiatan cuci tangan dengan anak, Anda bisa memberikan pujian karena telah melakukannya dengan benar dan sesuai langkah-langkah, Moms. Dengan begitu, anak pun tidak merasa terpaksa untuk bisa melakukannya lebih sering.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar