Pages

Jumat, 13 Maret 2020

Tempat Paling Banyak Kuman di Pusat Kebugaran

Jum'at, 13 Maret 2020 16:55:01

Tempat Paling Banyak Kuman di Pusat Kebugaran

Cepatnya penyebaran virus corona ke berbagai negara membuat kita lebih peduli terhadap tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman penyakit. Termasuk ketika berada di pusat kebugaran karena ini merupakan tempat berkumpulnya orang dan mereka menggunakan alat secara bergantian.

Jika sudah mengetahui area mana yang kira-kira menjadi tempat favorit kuman, ada baiknya menghindari area tersebut atau lebih menjaga kebersihan setelah menyentuhnya.

Jadi, area mana saja yang perlu diwaspadai di pusat kebugaran?

1. Area dengan keringat

Dari perspektif kesopanan, sangatlah jorok jika berkeringat pada alat-alat olahraga yang digunakan bersama di pusat kebugaran, termasuk di lantai. Dari sudut pandang kesehatan, keringat membantu perpindahan bakteri dan virus dari satu tempat ke tempat lain.

Ketika ada tambahan keringat, permukaan apapun yang sudah kotor di pusat kebugaran pada dasarnya menjadi sarang penuh kuman jahat.

Ingatlah bahwa mengeringkannya dengan handuk tidak sama dengan disinfektan. Menggunakan semprotan antibakteri atau tisu sebelum meletakkan handuk di area pusat kebugaran akan sangat membantu menjaga terkena kuman penyakit.

2. Peralatan bersama

Kondisi peralatan bersama di pusat kebugaran lebih buruk daripada yang kamu duga. Peneliti dari Kent State University yang meneliti 16 pusat kebugaran berbeda menemukan bahwa hampir 40 persen dari semua permukaan mengandung Staph, bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius.

Menurut peneliti utamanya, Mark Dalman, Ph.D, alat yang kemungkinan besar mengandung kuman tersebut adalah medicine ball (exercise ball) yang mencatat angka hampir dua kali lipatnya dari persentase itu.

Penelitian lain menemukan, salmonella dan MRSA juga ditemukan dari segala alat, mulai dari treadmill, beban hingga bangku.

Lindungi diri dari bakteri dan kuman dengan menutupi luka serta mengelap mata, hidung dan mulut dengan handuk bersih. Selain itu, usahakan membersihkan peralatan sebelum menggunakannya.

3. Shower

Kamu mungkin tak mengira shower juga menjadi sarang kuman. Prinsipnya, kata ahli penyakit kaki Lee Cohen, D.P.M, tempat apapun yang lembap dan hangat menjadi sarang berkembang biak bakteri. Namun di kamar mandi bersama, kaki adalah area tubuh yang paling berisiko terkena kuman dan bakteri.

Virus yang menyebabkan kutil plantar sangat menular jika kamu sedang mengalami lecet, seperti jamur kuku jari kaki dan kaki atlet yang sulit disembuhkan. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak memakai alas kaki dan mencuci kaki ketika beraktivitas di sekitar tempat mandi pusat kebugaran.

4. Perlengkapan olahraga lama

Ini mungkin bukan yang terburuk, tetapi bau dari perlengkapan olahraga lama mungkin akan mengganggu. Suhu panas melepaskan bau, jadi apa yang tampak tidak berbahaya di ruang ganti mungkin akan berbau busuk begitu kamu berkeringat.

Pakaian kotor tidak akan membunuh, tetapi bisa merusak kulit. Kotoran dan minyak dapat terjebak di dalam kain basah dan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Dokter kulit dari Mount Sinai Hospital di New York City, Joshua Zeichner, M.D juga mengingatkan bahwa bakteri di dalamnya dapat menyebabkan ruam gatal seperti folliculitis. Jadi, usahakan membawa perlengkapan baru.

*Sumber: kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar