SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Rabu, 08 Januari 2020

Ingin Capai Resolusi 2020, Ini Tipsnya

Rabu, 08 Januari 2020 18:18:02

Ingin Capai Resolusi 2020, Ini Tipsnya

Ladies, sudahkah Anda menyusun resolusi di 2020? Menurut psikolog klinis Ayoe Sutomo M.Psi, menyusun resolusi sangat penting dilakukan karena bisa membuat seseorang memiliki tujuan dan mengarahkan dirinya pada tujuan tersebut. Beberapa resolusi yang dibuat pun biasanya seputar gaya hidup sehat, karier, percintaan, hingga keuangan.

Berbicara soal resolusi keuangan, ternyata ada beberapa daftar yang biasanya dibuat untuk membantu mengelola keuangan agar lebih mudah dan efisien. Selain itu, resolusi keuangan juga bisa membantu seseorang untuk lebih mudah dalam mencapai berbagai tujuan.

Adapun beberapa daftar resolusi keuangan yang biasanya dibuat; seperti menyusun anggaran keuangan, meningkatkan jumlah tabungan, disiplin dalam membayar tagihan, kurangi pengeluaran yang bersifat konsumtif, hingga menyisihkan dana darurat.

Pertanyaannya, jika resolusi keuangan itu sudah dibuat, lantas bagaimana cara mewujudkannya? Ligwina Hananto selaku Lead Financial Trainer di QM Financial, berbagai tips mewujudkan resolusi keuangan di 2020. Seperti apa?

1. Melakukan usaha yang ekstra

Tips pertama yang harus Anda lakukan jika ingin mewujudkan resolusi keuangan di 2020 adalah dengan melakukan usaha yang lebih ekstra. Sebagai contoh, jika Anda memiliki resolusi untuk lebih rajin menabung agar bisa melakukan DP rumah, maka Anda pun harus sanggup menyisihkan uang setiap bulan.

“Agar bisa memiliki jumlah uang yang ditargetkan, maka usahanya ya dengan memiliki penghasilan yang jelas atau setidaknya memiliki penghasilan tambahan dari dagang atau freelance,” ujar Ligwina.

2. Kondisikan agar Anda terbiasa

Menurut Ligwina, usaha saja tidak cukup untuk mewujudkan resolusi keuangan. Maka menurutnya, kita harus menyiapkan cara (dengan terpaksa) agar bisa menabung atau menyisihkan uang. Cara-cara yang bisa ditempuh di antaranya adalah dengan mengatur standing instruction debit automatics di rekening gajian ke rekening simpanan.

“Itu cara digitalnya, kalau cara analognya seperti mengisi celengan setiap hari, terus punya kotak plastik transparan untuk menyusun Rp 20 ribu atau Rp 100 ribu dengan rapi agar tidak diambil. Saat sudah terkondisikan, kita jadi merasa tidak terpaksa lagi karena sudah terbiasa,” lanjut Ligwina.

3. Adaptasikan dengan kondisi yang dimiliki

Saat mewujudkan resolusi, Anda mungkin akan dihadapkan dengan berbagai tantangan dan hambatan. Bahkan terkadang, orang gagal mewujudkan resolusinya karena kurangnya tekad.

“Jika sudah begitu, sebaiknya Anda adaptasikan kondisi yang dimiliki. Misalnya, saat memiliki penghasilan yang meningkat dengan adanya bonus dan THR, maka Anda pun bisa menabung lebih banyak. Namun, saat penghasilan tiba-tiba terhambat, mungkin Anda juga perlu mengikat pinggang lebih erat,” tutup Ligwina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar