SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Jumat, 20 Desember 2019

Penyebab Bayi Baru Lahir Sulit Tidur di Malam Hari

Jum'at, 20 Desember 2019 17:28:09

Penyebab Bayi Baru Lahir Sulit Tidur di Malam Hari

Bayi yang baru lahir setidaknya membutuhkan 14-18 jam sehari untuk tidur. Panjangnya waktu tersebut terbagi saat malam dan siang hari. Ya Moms, jumlah tidur yang cukup bisa membuat bayi lebih sehat dan menunjang perkembangannya baik secara mental maupun fisik.

Walaupun sebenarnya bayi memang lebih banyak tidur, namun ada juga bayi yang sulit tidur di malam hari.
Hal tersebut mungkin bisa membuat Anda dan suami kewalahan, sebab Anda menjadi kurang tidur dan tidak berstamina di pagi atau siang hari.

Nah Moms, dilansir Babygaga, berikut adalah beberapa penyebab bayi baru lahir sulit tidur di malam hari.
Bayi menangis

Terlalu banyak tidur di siang hari

Usahakan agar si kecil tidak tidur terlalu lama di siang hari. Terlalu banyak tidur di siang hari bisa membuat bayi susah tidur di malam hari. Namun jika bayi Anda masih sulit untuk tidur, cobalah untuk melakukan stimulasi seperti mengayun-ayun bayi sebelum masuk waktu tidurnya atau bisa juga memakaikan pengharum ruangan aroma lavender untuk menenangkannya.

Kamar terlalu panas atau dingin

Sama seperti orang dewasa, kamar tidur yang terlalu panas atau dingin bisa membuat tidur jadi tidak nyenyak. Oleh karena itu, usahakan untuk mengatur suhu kamar tidur bayi atau kamar tidur Anda berkisar antara 25-28 derajat celsius, Moms.

Bayi mengalami GERD

Penyakit GERD atau gastroesophageal reflux merupakan penyakit lambung yang mungkin menjadi penyebab si kecil sulit tidur sepanjang malam. Bila bayi Anda terindikasi GERD, cobalah untuk menjaga posisinya tetap tegak selama 30 menit setiap setelah menyusu dan sebelum meletakkannya di tempat tidur, Moms.

Bayi lapar

Salah satu penyebab umum bayi tidak bisa tidur di malam hari adalah karena lapar. Bayi baru lahir memang membutuhkan lebih banyak ASI daripada bayi yang sudah mendapat MPASI. Anda bisa memperhatikan frekuensi si kecil menyusu.

Di bulan pertama, bayi biasanya menyusu sebanyak 8-12 kali sehari. Jika Anda ingin menyusui sebelum menidurkannya, pastikan Anda menunggu setidaknya 30 menit sebelum membaringkannya di tempat tidur.
ilustrasi Bayi

Bayi tak nyaman karena gas

Ada banyak faktor yang membuat bayi tak nyaman bila ingin tidur, salah satunya adalah karena gas yang ada di perutnya. Untuk mencegah gas di perut bayi, cobalah untuk selalu menyendawakannya setelah selesai menyusui.

Bisa juga menggosok-gosok punggung untuk mengeluarkan gas tersebut. Bila gas sudah keluar, Anda bisa meletakkan bayi dengan posisi telentang.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar