SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Rabu, 06 November 2019

Stres Jadi Penyebab Utama Rambut Rontok pada Perempuan

Rabu, 06 November 2019 17:28:47

Stres Jadi Penyebab Utama Rambut Rontok pada Perempuan

Ada banyak hal yang menyebabkan rambut rontok. Beberapa di antaranya adalah terlalu sering mengikat rambut, melakukan pewarnaan, dan mencatok untuk mengubah gaya rambut. Namun selain itu, ada pula faktor lain yang membuat rambut rontok, yakni stres.

Dituturkan oleh dr. Prida Ayudianti SpKK, stres menjadi faktor utama yang menyebabkan rambut perempuan rontok. Stres itu tidak hanya dari pikiran saja, tapi stres dari luar yang mempengaruhi kekuatan rambut.

“Stres lokal di rambut dan stres dari dalam tubuh. Kalau dari dalam pikiran berupa penyakit misal autoimun, diet yang tidak seimbang. Biasanya juga ibu hamil, ibu menyusui, di mana asupan nutrisinya lari ke bayi. Itu langsung berefek ke rambut,” jelas dr. Prida saat ditemui kumparanWOMAN beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk stres dari luar merupakan perlakuan terhadap rambut. Di antaranya sering menguncir rambut, memakai hijab, terkena paparan matahari langsung, pewarnaan rambut, hingga kerap memakai heat protection.
“Jadi stres dalam dan luar sangat mempengaruhi rambut perempuan. Berbeda dengan lelaki, kerontokan rambut biasanya dipengaruhi oleh genetik,” tutur dokter yang berpraktik di ZAP Clinic Malang, Jawa Timur.

dr. Prida menjelaskan, bahwa perawatan rambut memang cukup sulit. Banyak sekali hal yang membuat rambut rontok tetapi juga butuh waktu yang panjang agar rambut tumbuh kembali. Kebanyakan perempuan ingin hasil yang cepat, bahkan tak sedikit pasien yang tidak bisa bersabar dalam menjalankan perawatan rambut. Akhirnya, perawatan rambut selalu dengan tanpa hasil.

“Fase pertumbuhan rambut bisa memerlukan waktu enam bulan sampai setahun, itu juga perlu dibantu dengan perawatan menyuburkan rambut seperti tonic dan lainnya. Jadi merawat rambut itu harus sabar,” tandasnya.

Jangan langsung panik ketika melihat rambut rontok, karena kerontokan yang normal bisa mencapai 100 helai. Jadi, usahakan hindari penyebab kerontokan rambut Ladies, termasuk juga stres, dan bersabar dalam merawatnya.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar