SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Minggu, 10 November 2019

Menjaga Kesehatan di Musim Hujan, Ini Tipsnya!

Minggu, 10 November 2019 19:18:11















Memasuki musim hujan kesehatan tubuh harus tetap dijaga agar tidak mudah terserang penyakit.
Menjaga kesehatan di musim hujan sangat penting agar kita tidak mudah terserang penyakit. Cuaca dingin akibat hujan, menjadi salahsatu penyebab pengembangan penyakit di masyarakat. Berbagai penyakit seperti flu, filek, batuk, sesak nafas, masuk angin, hingga demam berdarah kerap diderita masyarakat ketika memasuki musim penghujan.

Memasuki akhir tahun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hampir seluruh wilayah di Indonesia akan memasuki musim penghujan.  Maka dari itu, untuk menghindari berbagai penyakit akibat musim hujan, ada beberapa tips mudah yang bisa anda lakukan di antaranya:

Untuk menjaga kesehatan di musim hujan, anda perlu mengkonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Untuk menguatkan daya tahan imun, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan antioksidan.

2. Rajinlah Cuci Tangan Pakai Sabun

Agar terhindar dari ancaman penyakit saat musim hujan, anda mesti rutin mencuci tangan pakai sabun, terutama sebelum makan. Karena tangan merupakan tempat bersarang bakteri dan virus, maka kondisi tangan harus selalu bersih dan higienis. Di musim hujan ini anda akan mudah terserang flu apabila tidak bisa menjaga kebersihan tangan.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Tips satu ini penting juga untuk menjaga kesehatan di musim penghujan. Air putih mampu mendetoks tubuh dari berbagai racun, serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari ancaman penyakit. Namun anda harus pastikan, air putih yang anda minum harus bersih, higienis dan benar-benar matang.

4. Rutinlah Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Selain air putih, makanan berserat tinggi juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi flu dan saluran pencernaan. Beberapa makanan berserat tinggi yang bisa anda konsumsi diantaranya, apel, pisang, pir, alpuka, wortel, bayam, brokoli dan masih banyak lagi.
Tips Lainya

5. Selalu Membawa Payung dan Jas Hujan

Bagi beberapa orang, kehujanan merupakan hal biasa dan tidak berpengaruh bagi kesehatan. Namun ada juga orang yang apabila terkena hujan, keesokan harinya langsung sakit demam. Maka dari itu, untuk tetap menjaga kesehatan di musim hujan, bawalah payung dan jas hujan kemana saja anda pergi, untuk menghindari kontak langsung dengan air hujan.

6. Hindari Makanan dari Luar

Membeli makanan di luar rumah apalagi pinggir jalan seperti gorengan dan lain sebagainya, sebaiknya anda hindari dulu saat musim hujan.  Lebih baik anda memasak makanan bergizi di rumah agar lebih sehat tidak terkontaminasi.  Makanlah masakan dirumah selagi hangat, untuk mencegah terjadinya batuk pilek.

7. Jaga Kebersihan Lingkungan Anda

Tips ini juga mesti anda lakukan untuk menjaga kesehatan di musim hujan. Menjaga kebersihan lingkungan di musim hujan sangat penting anda lakukan. Karena jika tidak, berbagai penyakit menjadi ancaman serius. Jangan biarkan sampah menumpuk di halaman rumah, karena sampah merupakan sarang penyakit. Pastikan kondisi lingkungan rumah selalu bersih dan sehat.

8. Selalu Gunakan Pakaian Hangat

Musim hujan cuaca tentu berubah menjadi sangat dingin, apalagi saat malam hari. Gunakanlah pakaian hangat selama musim hujan untuk menghindari penyakit musiman yang kerap diderita masyarakat saat musim hujan.

Demikian kami uraikan beberapa tips menjaga kesehatan di musim penghujan yang bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. [lis]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar