SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Selasa, 05 November 2019

7 Dampak Buruk Kecanduan Gadget pada Tumbuh Kembang Anak

Selasa, 05 November 2019 17:26:01

7 Dampak Buruk Kecanduan Gadget pada Tumbuh Kembang Anak

Di era yang serba digital ini, tidak mungkin rasanya menghindarkan gadget dari anak. Ya Moms, gadget sebenarnya juga bermanfaat untuk anak agar si kecil 'melek' teknologi sejak dini. Meski begitu, sebelum mengenalkan gadget pada anak, Anda sebaiknya memahami aturannya terlebih dahulu.

Jangan sampai niat baik Anda bersama pasangan untuk mengenalkan teknologi pada si kecil, justru berbalik membuat anak candu terhadap gadget yang bisa berdampak buruk terhadap tumbuh kembangnya. Ya, Moms, kecanduan gagdet pada anak, menurut dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi memiliki pengaruh buruk terhadap tumbuh kembangnya. Di antaranya adalah:

Penurunan Perkembangan Otak

Pada lima tahu pertama kehidupan, otak anak berkembang sangat pesat. Hasil studi menunjukkan bahwa anak yang terlalu sering bermain gagdet akan mempengaruhi fungsi otak dan menyebabkan anak menjadi kurang perhatian terhadap lingkungan sekitarnya.

Bahaya Radiasi

Hasil penelitian di Universitas Leeds, Nottingham, Universitas Manchester dan Institute of Cancer di London menyatakan bahwa saraf anak yang masih berkembang dan tulang tengkorak masih tipis, membuat anak rentan terkena radiasi ponsel. Penggunaan ponsel didekat kepala dikhawatirkan akan menghancurkan sel otak anak.

Penurunan Kemampuan Interaksi Sosial

Penulis buku iBrain: Surviving The Technological Alternationf of the Modern Mind, dr. Gary Small mengatakan anak-anak yang menghabiskan waktu terlalu banyak dengan teknologi, akan mengurangi interaksi dan mengganggu keterampilan komunikasi.

Obesitas

Anak yang menghabiskan waktu bermain di depan layar gadget tidak mampu membakar kalori di tubuhnya. Satu dari tiga anak di Amerika Serikat mengalami obesitas yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit seperti diabetes, serangan jantung dan stroke.

Merusak Penglihatan

Kontak yang terlalu lama di depan gagdet dapat merusak mata si kecil, Moms. Menurut ahli kesehatan anak, penglihatan yang baik diperoleh jika anak menatap benda dari jarak yang bervariasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang kecanduan bermain gagdet lebih mungkin mengalami gangguan pada mata mereka

Kurangnya Minat Bermain di Alam Terbuka

Anak yang kecanduan bermain gagdet juga menjadi kurang tertarik bermain di alam terbuka. Hal ini dikarenakan mereka terbiasa menatap layar gagdet setiap harinya dan tidak tertarik dengan interaksi fisik.

Tempramental

Apakah anak Anda menjadi agresif? Coba perhatikan perilaku anak yang berinteraski dengan gadget berjam-jam. Tantrum adalah bentuk umum dari agresifitas pada anak, terutama anak balita. Sikap agresif dan tantrum ini merupkan akibat dari paparan gadget yang terlalu berlebihan. Ketika mereka tumbuh dewasa, anak-anak yang kecanduan gagdet lebih besar kemungkinannya untuk tidak mematuhi orang tuanya, Moms.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar