SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Jumat, 25 Oktober 2019

Tips Tumbuhkan Kebiasaan Anak Suka Makan Makanan Sehat

Jum'at, 25 Oktober 2019 17:47:55
 
Tips Tumbuhkan Kebiasaan Anak Suka Makan Makanan Sehat

Pemberian makanan dengan gizi sehat seimbang, dapat menunjang tumbuh kembang anak agar berlangsung optimal. Maka dari itu, orang tua perlu memperhatikan secara tepat saat memilih aneka bahan makanan bagi si kecil, terutama sejak diperkenalkannya makanan pendamping ASI (MPASI).

Sebaliknya, bila tidak terpenuhi, maka dampak yang mengintai seperti: kurang cerdas, daya tahan tubuh rentan terhadap berbagai penyakit hingga beragam masalah lainnya.
Mengkonsumsi makanan sehat akan lebih mudah bila si kecil memang doyan dan menjadikannya kebiasaan, Moms. Saskhya Aulia Prima selaku psikolog anak, membagikan tips bagi orang tua, supaya anak-anaknya menumbuhkan kebiasaan itu, antara lain:

1.  Biasakan Makan Sehat Sejak Kecil

Pertama, ajarkan si kecil makan sehat sejak dini. Kuncinya. makin dini Anda mengajarkan maka makin mudah untuk mengajarinya, Moms.

“Ada beberapa penelitian yang bilang kalau bayi berusia 18 bulan, flavor windows-nya sudah ketutup, jadi dia sudah tahu seperti apa rasa yang dia mau,” ungkap Saskhya saat ditemui kumparanMOM dalam perayaan International Chefs Day yang digelar Nestl√© Indonesia di Almod Zucchini, Jakarta pada Rabu (23/10).

Selain itu, biasakan pula buah hati untuk makan bersama. Penelitian menyebut, dengan begitu anak akan lebih bahagia dan positif dalam menjalani hari-harinya. Makan bersama juga bisa digunakan sebagai kesempatan orang tua untuk menjadi role model, Moms. Yakni, Anda dan suami bisa menunjukkan pada anak bahwa makan sayur dan buah itu enak. Jadi anak yang melihat secara langsung akan mengikutinya.

2.  Beri Camilan Sehat yang Menarik

Berikan si kecil camilan sehat dan dikemas menarik, misalnya dengan membawakan bekal berupa potongan buah atau sayur, lalu dikemas lucu atau diberi karakter favoritnya.

“Ada eksperimen anak kelas 3 sampai 5 SD diberi snack sehat yang ditempel karakter yang dia suka, dan it works! Jadi mungkin mereka mau makan karena senang melihat karakter,” ungkapnya.

Tapi tak hanya dengan menempelkan karakter kesukaan si kecil saja, Anda juga bisa berkreasi dengan cara lain, Moms. Misalnya sajian roti tawar gulung dengan sosis sebagai telinga, membentuk anak anjing yang imut.

3. Ajak Anak Eksplorasi Makanan Sehat

Berikutnya adalah ajak anak mengeksplorasi makanan sehat, mulai dari membeli aneka bahan di pasar, memasak, hingga siap disajikan. Dengan memberi anak pengalaman memegang, mengolah, mencicip, dan mendengar bunyi buah atau sayur saat dipotong, bisa membuatnya lebih menghargai makanan, Moms.

Jangan lupa, kenalkan aneka nama dan manfaat bahan makanan itu pada anak. Misalnya, ada wortel yang kaya vitamin A, kiwi si hijau yang mengandung vitamin C, dan lain sebagainya.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar