SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Jumat, 04 Oktober 2019

Kangkung Diolah Jadi Makanan Bayi, Boleh Enggak, Ya?

Jum'at, 04 Oktober 2019 17:47:56

Kangkung Diolah Jadi Makanan Bayi, Boleh Enggak, Ya?

Sayuran adalah salah satu bahan makanan yang wajib ada untuk makanan bayi. Ada jenis sayuran hijau yang baik untuk kesehatan si kecil seperti bayam dan kangkung, Moms. Selain murah meriah, kangkung mudah ditemui, atau bahkan Anda bisa menanamnya sendiri di rumah, sebagai tanaman hidroponik lho!

Dilansir dari Nutrion and You, kangkung hijau sangat rendah kalori dan lemak, serta mengandung banyak antioksidan fenolik seperti beta karoten, lutein, xanthin, dan cryptoxanthin. Tak hanya itu, kangkung juga mengandung asam askorbat yang sangat baik untuk tubuh, kaya vitamin C, vitamin A, vitamin B, dan tinggi mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium, mangan, dan fosfor, Moms. Lalu, kapan ya tepatnya kita bisa perkenalkan kangkung ke bayi?

"Prinsipnya 6 bulan pertama bayi hanya boleh diberikan ASI eksklusif. Kalau sudah mulai MPASI, perhatikan menu 4 bintang termasuk sayuran apa saja yang boleh konsumsi. Kangkung itu juga termasuk, dan bisa divariasikan dengan sayuran lain. Jadi tidak ada alasan boleh atau enggak bayi diberikan sayur tertentu, kecuali kalau ia memiliki alergi," jelas dokter spesialis konsultasi gizi klinik, dr. Jovita Amelia, Sp.GK, saat dihubungi kumparanMOM, Kamis (3/10).

Meski aman diberikan sejak usianya masih 6 bulan, penting diperhatikan cara mengolahnya, sebab sayuran satu ini mengandung banyak serat. Pastikan dihaluskan sampai hancur, karena jika tidak, si kecil akan berisiko tersedak. Selain itu, hindari mengolah kangkung dengan batangnya, cukup daunnya saja, Moms.

Lantas apa saja manfaat kangkung bagi bayi? Melansir dari T Health, berikut manfaatnya, Moms:

Mencegah Sembelit

Jika si kecil mengalami sembelit, berikan saja makanan bayi dari kangkung, Moms. Sebab sayuran ini dikenal memiliki sifat detoksifikasi sehingga berguna untuk mengatasi sakit perut.
Meningkatkan Imunitas
Kangkung kaya vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga imunitas bayi Anda, Moms. Kangkung juga dipercaya bisa menjadi pencegah penyakit influenza, lho.

Mencegah Parasit Usus

Manfaat kesehatan lainnya dari kangkung adalah membasmi parasit di usus. Tumbuhan air ini bisa membantu mengeluarkan Fasciolopsis buski, cacing parasit di usus manusia dan hewan yang dapat menyebabkan fasciolopsiasis.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar