SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Kamis, 24 Oktober 2019

Jangan Beri Makan Bayi Sambil Tiduran! Ini Bahayanya Kata Dokter

Kamis, 24 Oktober 2019 17:36:12

Jangan Beri Makan Bayi Sambil Tiduran! Ini Bahayanya Kata Dokter

Ketika sudah menginjak usia 6 bulan, bayi sudah bisa diberi makanan lain selain ASI atau yang disebut makanan pendamping ASI (MPASI). Dalam pemberiannya, tak jarang dilakukan dengan posisi anak sambil berbaring atau tiduran. Bisa itu posisi sambil digendong atau meletakkannya di bouncer. Hal ini dianggap biasa dan bisa memudahkannya untuk makan dengan cepat. Padahal itu bisa sangat berisiko bagi bayi lho, Moms!

Dokter spesialis anak dr. Reza Abdussalam, Sp.A, mengatakan, bila bayi diberi makan setengah tiduran atau bahkan tiduran bisa berpotensi membuatnya tersedak. Bahkan untuk bayi dengan kondisi khusus seperti palsi serebral pun, jika sudah masuk masa MPASI harus tetap dibantu duduk tegak.

"Idealnya bayi saat makan harus dengan posisi duduk tegak. jika tidak bayi akan tersedak. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi bayi karena bisa menghambat jalan nafasnya," kata dr. Reza saat dihubungi kumparanMOM, Senin (21/10).

Oleh sebab itu, dr. Reza menyarankan agar orang tua mengenal aturan menyuapi makanan pada anak (feeding rules). Adapun feeding rules yang harus dilakukan adalah membuat jadwal yang teratur, memberi durasi makan maksimal hanya 30 menit, tidak boleh adanya distraksi seperti; makan sambil menonton televisi, bermain, atau sambil memegang handphone.

Selain posisi tiduran, masih ada hal lain yang bisa sebabkan bayi tersedak. Mayo Clinic melansir beberapa cara yang bisa dilakukan demi meminimalisir hal itu, antara lain:

- Jangan biarkan bayi dekat-dekat dengan balon ketika makan, karena akan berisiko meledak dan membuatnya kaget sampai tersedak.

- Jauhkan dari benda-benda yang mungkin bisa membuatnya menelan benda tersebut.

- Tepat waktu saat pengenalan makanan padat.

- Jangan menawarkan makanan yang berisiko tinggi seperti makanan keras dan berbentuk besar.

- Awasi waktu makannya dengan tepat.

"Sebaiknya mulailah memberi makan bayi dengan porsi yang kecil dulu. Kemudian naik bertahap sampai anak mampu makan sendiri. Selain itu, ajak bayi dan balita untuk makan bersama di meja makan keluarga, dengan bantuan baby chair. Selain menambah nafsu makan, posisi duduk dianjurkan ketika memberi bayi makan," tutup dr. Reza.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar