Pages

Rabu, 07 Agustus 2019

Kapan Bayi Tahu Namanya Sendiri?

Rabu, 07 Agustus 2019 17:12:10

Kapan Bayi Tahu Namanya Sendiri?

Berdiskusi bersama suami untuk memberi nama kepada bayi memang bisa jadi momen yang menyenangkan. Selain memilih nama yang indah, terselip pula doa dan harapan orang tua di baliknya. Tak heran bila setelah si kecil lahir ke dunia, Anda dan pasangan akan selalu memanggil namanya. Tapi sebenarnya, kapan bayi mengetahui namanya sendiri?

Sabar, Moms! Anda perlu menunggu hingga beberapa bulan. Pasalnya meski kadang seolah menoleh atau menatap saat namanya dipanggil, bayi yang baru lahir belum paham saat dipanggil atau namanya disebut. Ia juga tidak menyadari adanya korelasi dari nama yang sering Anda sebutkan itu dengan dirinya.

Menurut laman Baby Centre, umumnya bayi mengetahui namanya sendiri pada usia 6 hingga 9 bulan. Bila namanya dipanggil, bayi akan meresponnya dengan tawa atau senyuman. Selain sudah tahu namanya, di usia ini pula bayi menyukai bermain dengan orang yang sudah dikenalnya dan merasa sedih jika jauh dari mereka.

Meski begitu, dijelaskan oleh Julie Capiola, MD, seorang dokter anak dari Premier Pediatrics, New York, Amerika Serikat, perkembangan setiap bayi berbeda. Sehingga kapan tepatnya bayi benar-benar mengerti dalam rentang usia tersebut di atas bisa bervariasi. Ada yang lebih cepat, ada juga yang lambat. Hal ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

"Yang penting adalah perkembangan sosial bayi mengalami kemajuan dan melakukan hal-hal seperti menanggapi yang Anda katakan dan lakukan dan membuat suara sendiri agar dan mendapatkan perhatian Anda," katanya seperti dilansir The Bump.

Lantas, adakah cara untuk membantu bayi untuk mengenali namanya?

Ada, Moms! Caranya dengan terus memanggil nama buah hati berulang kali dan menyebutkan namanya setiap melakukan sesuatu. Misalnya katakan, “Ini mainanmu, Arka,” atau, "Ini buah untuk Arka, yang ini buah untuk Ibu," sambil menunjuk dirinya dan diri Anda sendiri sehingga bayi mudah memahami.

Kelak ketika memasuki usia 15 hingga 18 bulan, bayi mungkin sudah bisa mengingat dan menyebut namanya. Namun bila belum, bersabarlah lagi. Hingga berumur 24 bulan kemampuannya akan terus bertambah hingga bisa mengucapkan setidaknya 100 kata, yang salah satunya menyebutkan namanya.

Namun jika pada usia 9 bulan bayi Anda terlihat tidak menanggapi saat namanya dipanggil, cobalah bawa ke dokter. Mengutip Essential Parent, dokter akan memeriksa pendengaran, penglihatan dan mungkin melakukan beberapa tes lain untuk mengamati perkembangan lainnya.

*Sumber: kumparan.com

0 komentar:

Posting Komentar