SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Sabtu, 17 Agustus 2019

Ini Pentingnya Minta Maaf pada Anak

Sabtu, 17 Agustus 2019 17:40:02

Ini Pentingnya Minta Maaf pada Anak

Sebagai orang tua, minta maaf biasanya jadi salah satu hal yang kita ajarkan atau sering ingatkan pada anak. Kita ingin, anak tahu kapan ia harus minta maaf dan  terbiasa melakukannya.

Namun sebaliknya, tidak banyak orang tua yang terbiasa minta maaf pada anak. Alasannya bisa bermacam-macam. Termasuk salah satunya, takut kalau meminta maaf pada anak akan mengurangi wibawa sebagai orang tua. Kalau sudah kehilangan wibawa, bisa-bisa anak jadi tidak menurut atau tidak hormat.

Faktanya? Yang akan terjadi justru sebaliknya lho, Moms! Bukankah kita akan lebih menghargai dan menghormati orang lain ketika mereka mau mengakui kesalahan mereka dan mencoba memperbaikinya?

Dilansir Psychology Today, menurut psikolog Laura Markham Ph.D, meminta maaf kepada anak saat kita lalai juga tidak membuat kita kehilangan otoritas untuk menegur dan mengingatkan mereka saat berbuat salah. Tak usah khawatir, anak-anak tetap tahu kok, siapa yang menjadi pemimpin di rumah.

Jadi tidak perlu merasa sungkan, ragu atau malu meminta maaf pada anak sebab kita juga tidak perlu selalu benar atau jadi sosok yang sempurna. Orang tua kan, juga manusia?

Menolak atau menghindari permintaan maaf pada anak juga akan membuat anak menangkap 'pesan' yang salah seperti beberapa contoh berikut ini:

- Meminta maaf itu hal yang memalukan.
- Berbuat salah, mengecewakan atau menyakiti orang lain itu tidak apa-apa dan kita juga tidak perlu mengakui atau mencoba memperbaikinya.
- Minta maaf itu tidak keren!
- Meminta maaf adalah sesuatu yang kita lakukan hanya bila terpaksa saja.

Nah Moms, tidak mau dong, anak sampai salah mengerti seperti ini?

Lebih baik, ajarkan anak pentingnya minta maaf dengan langsung memberi mereka contoh nyata: minta maaf padanya. Ini akan membuat anak mendapat 'pesan' yang baik seperti:

- Kita semua kadang-kadang membuat kesalahan dan kita bisa mencoba untuk memperbaikinya.
- Kita semua terkadang menyakiti orang lain. Sangat penting untuk mengakui ketika kita melakukan hal ini dan berusaha menebusnya.
- Ketika kita meminta maaf, orang lain akan merasa lebih baik dan juga dapat berpikir lebih baik tentang kita.
- Tidak perlu malu meminta maaf. Karena minta maaf justru baik dan bisa membuat kita merasa lebih tenang dan nyaman.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar