SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Sabtu, 06 Juli 2019

Parenting Islami: Doa untuk Ibu yang Sedang Menyusui Bayi

Sabtu, 06 Juli 2019 17:18:23

Parenting Islami: Doa untuk Ibu yang Sedang Menyusui Bayi

Menyusui bayi adalah hal mulia yang dianjurkan Allah SWT. Secara medis pun, ASI terbukti menjadi makanan terbaik dan satu-satunya bagi bayi pada 6 bulan pertama hidupnya dan dianjurkan pemberiannya hingga usia 2 tahun atau bahkan lebih. ASI dapat memenuhi nutrisi bayi, meningkatkan sistem imun, hingga meningkatkan hubungan batin antara ibu dan bayi.

Dalam beberapa ayat Al-Quran, diterangkan secara jelas bahwa menyusui adalah perintah langsung dari Allah sehingga perlu dilaksanakan. Tertulis dalam Surat Al-Baqarah ayat 233 bahwa menyusui selama dua tahun akan menyempurnakan masa penyusuan.

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۚ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ ۚ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَا تُضَارَّ وَالِدَةٌ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُودٌ لَهُ بِوَلَدِهِ ۚ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذَٰلِكَ ۗ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا ۗ وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا آتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

“Dan bagi para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya.
Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan waris pun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

Dalam segala perbuatan baik umat Islam, selalu ada doa yang bisa dipanjatkan, begitu pula saat menyusui. Saat sedang menyusui Anda bisa membaca doa dari Al-Quran Surat Asyu’ara ayat 78-80 berikut:

الَّذِي خَلَقَنِي فَهُوَ يَهْدِينِ (78) وَالَّذِي هُوَ يُطْعِمُنِي وَيَسْقِينِ (79) وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ (80)

“Dialah Allah SWT yang telah menciptakan aku, maka  dialah yang menunjuki aku, dan Dialah Tuhan yang memberiku makan dan minum, dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembunyikan aku,”

Doa itu mendorong ibu menyusui untuk selalu bersyukur atas hal-hal sederhana, seperti bagaimana kita telah diciptakan, diberi rezeki, dan diberikan kesehatan sehingga mampu memberi ASI pada bayi. Jadi, yuk baca doa ini setiap menyusui si kecil, Moms.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar