Pages

Minggu, 21 Juli 2019

Mengapa Selalu Lapar Menjelang Tidur Malam ? Ini Sebab Paling Berbahaya

Minggu, 21 Juli 2019 17:26:11

Mengapa Selalu Lapar Menjelang Tidur Malam ? Ini Sebab Paling Berbahaya

Lapar menjadi reaksi tubuh ketika tubuh membutuhkan makanan. Biasanya ketika kita lapar maka kita membutuhkan makanan. Tapi masalahnya lebih buruk karena selalu lapar saat malam hari terutama menjelang tidur malam. Ketika Anda makan maka bisa menyebabkan kenaikan berat badan, mual, muntah dan insomnia. Jika Anda tidak makan maka perut sakit dan bisa terkena penyakit maag. Langkah yang paling tepat untuk kondisi ini adalah mengetahui penyebabnya dan mengatasinya. Berikut ini penyebab selalu lapar menjelang tidur malam.

1. Kebiasaan Kurang Tidur

Kebiasaan kurang tidur ternyata bisa menjadi penyebab pemicu lapar yang terus menerus. Bahkan perut Anda bisa mengirimkan sinyal lapar pada saat siang hari dan malam hari. Akibatnya tubuh menjadi kurang energi dan pikiran kurang fokus. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kurang tidur maka hormon ghrelin dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Kekurangan hormon ini akan membuat perut lebih lapar dari biasanya. Jadi atur waktu tidur Anda agar tidak selalu merasa kelaparan.

2. Tubuh Kurang Nutrisi

Kekurangan nutrisi tertentu seperti saat sedang diet juga akan menyebabkan kelaparan. Beberapa defisiensi nutrisi yang bisa memicu kondisi kelaparan seperti:

- Kurang protein: saat tubuh kurang protein maka hormon pengendali nafsu makan kacau dan membuat perut selalu lapar.

- Kurang lemak : dimana kekurangan lemak bisa menyebabkan pencernaan lebih cepat sehingga perut merasa kosong lebih cepat.

- Kurang cairan: kurang cairan akan membuat kerongkongan menjadi lebih kering dan perut terasa kosong.
Ini juga bisa menjadi tanda dehidrasi ketika rasa haus terus menerus terjadi.

- Kurang serat: kurang serat dari sayuran dan buah ternyata juga bisa menyebabkan nafsu makan meningkat dengan cepat.

- Kelebihan Karbohidrat

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat komplek juga memicu rasa lapar yang lebih besar. Makanan yang mengandung tepung putih akan menyebabkan kenaikan gula darah yang lebih cepat. Proses pencernaan juga berjalan lebih cepat dimana ini akan memicu kondisi yang tidak sehat. Bahkan tubuh akan melepaskan insulin dalam kadar yang sangat tinggi sehingga rentan dengan penyakit diabetes.

4. Terlalu Banyak Olahraga

Kebiasaan terlalu banyak berolahraga juga bisa menyebabkan rasa lapar yang lebih besar. Semua ini dipicu oleh proses pembakaran kalori yang sangat besar sehingga tubuh merasa membutuhkan banyak makanan. Hanya saja kebiasaan ini mungkin tidak baik jika terus dilakukan karena ketika tubuh tidak membatasi makanan maka justru menyebabkan obesitas. Jadi pastikan ketika Anda berolahraga dengan rajin maka pilih nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga seimbang dengan kebutuhan perut.

5. Stres

Stres menjadi penyebab kelaparan saat malam hari. Hal ini karena munculnya hormon ghrelin dan kastitol yang lebih banyak. Hormon ini akan terus memicu kelaparan meskipun Anda sudah makan cukup. Satu-satunya cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mengelola stres seperti dengan yoga, konseling kesehatan mental dan istirahat dari pekerjaan yang memicu stres.
Itulah berbagai sebab selalu lapar menjelang tidur. Kebiasaan tersebut ternyata memang tidak baik untuk tubuh. Karena itu hindari semua penyebab dan lakukan kebiasaan hidup yang lebih sehat. [lis]

Sumber: halosehat.com

0 komentar:

Posting Komentar