SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Rabu, 12 Juni 2019

Cara Meregangkan Otot Usai Perjalanan Jauh dan Banyak Aktivitas

Rabu, 12 Juni 2019 17:26:22

Cara Meregangkan Otot Usai Perjalanan Jauh dan Banyak Aktivitas

Setelah menempuh perjalanan jauh atau melakukan banyak aktivitas bisa membuat tubuh terasa pegal. Rasa pegal itu disebabkan oleh menegangnya otot-otot di tubuh terutama bagi yang jarang melakukan olahraga.

Ketika rasa pegal melanda tubuh Anda, hal yang perlu dilakukan adalah stretching atau peregangan otot. Menurut dr. Fienda Ferani Brata, stretching akan membuat otot yang kencang menjadi merenggang dan membuat rasa pegal berkurang.

“Bisa dengan melakukan cara; meninggikan kaki saat tubuh dalam posisi tiduran. Ini untuk menghindari penumpukan asam laktat,” ucap dr. Fienda saat dihubungi kumparan, Senin (10/6).

Asam laktat merupakan hasil metabolisme karbohidrat tanpa menggunakan oksigen. Penggunaan otot yang berlebihan dapat membuat penumpukan asam laktat. Risikonya, detak jantung meningkat dan membuat seseorang seakan kehabisan napas.

Melakukan pijatan ringan pada tubuh yang pegal juga disarankan dr. Fienda. Pijatan ringan berguna untuk melancarkan peredaran darah. “Hindari pijatan yang terlalu keras. Itu justru membuat badan menjadi lebih sakit,” katanya.

Selain pijatan, cara lain untuk mengurangi pegal adalah mandi dan istirahat yang cukup. Tubuh pegal karena otot yang tegang dapat rileks karena siraman air. dr. Fienda mengatakan, mandi dengan air dingin atau hangat untuk melancarkan peredaran darah.

Jika cara di atas tidak mengurangi rasa pegal pada tubuh Anda, sebaiknya Anda melakukan akupuntur dan fisioterapi.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar