SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Selasa, 25 Juni 2019

8 Cara Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan untuk Anak

Selasa, 25 Juni 2019 17:37:08

8 Cara Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan untuk Anak

Moms, apakah anak Anda sering menolak atau kurang nafsu makan di rumah? Jika ya, cobalah untuk mencari tahu penyebabnya. .

Mungkin saja, salah satu penyebabnya akibat suasana makan yang kurang menyenangkan baginya. Jika sudah begitu, Anda harus mencari solusinya, Moms. Kebiasaan menolak makan bisa berdampak buruk bagi si kecil, misalnya saja seperti mengganggu kesehatannya atau ia bisa tumbuh jadi anak yang suka pilih-pilih makanan atau picky eater.

Karenanya, penting untuk Anda menciptakan suasana yang menyenangkan saat si kecil sedang makan. Berikut cara-cara yang bisa Anda tiru, Moms. 

1. Sejak anak sudah bisa duduk sendiri, biasakan makan di meja makan. Dudukkan si kecil di kursi makannya, lalu suapi sambil si kecil diberi kesempatan untuk belajar makan sendiri. Sediakan wadah yang diberi sedikit makanan dan biarkan si kecil mencoba menyuapkan makanan tersebut ke mulutnya.

2. Seiring dengan perkembangan keterampilan motoriknya, lama-lama si kecil dapat menyuapkan makanan ke mulutnya tanpa banyak yang terbuang. Untuk itu, selalu beri kesempatan pada anak untuk belajar makan sendiri.

3. Setiap kali menjelang jadwal makan tiba, beri tahu anak agar ia dapat mempersiapkan diri. Misalnya, jadwal makan malam pukul 18.00 WIB. Nah, katakan pada anak sambil memperlihatkan jam weker kepadanya. "Sayang, kalau jarum panjang menunjukkan angka 12 dan jarum pendek menunjuk angka 6, berarti waktunya untuk makan ya".

4. Jelaskan pula apa yang akan ia makan, "Nak, kamu makan nasi dengan lauk daging dan sayur bayam, ya. Ini enak banget dan sangat bergizi untukmu". Dengan begitu, anak tahu makanan yang akan dinikmatinya nanti.

5. Untuk mencegah anak menolak menu yang dihidangkan, sebaiknya libatkan dia sejak awal. Tanyakan, makanan apa yang ingin ia konsumsi di hari itu. Bahkan, mulai usia 3 tahun, anak sudah bisa diajak mengolah makanan, tentu disesuaikan dengan perkembangan kemampuannya ya, Moms.

6. Libatkan juga anak dalam menyiapkan makanan di meja makan, mulai dari meletakkan peralatan di meja hingga menyajikan makanan yang akan dihidangkan. Begitu pun setelah makan, ajak anak merapikan meja dengan membawa peralatan makan yang kotor ke tempat cuci piring. Tapi ingat, selalu sesuaikan dengan perkembangan kemampuan anak ya, Moms.

7. Saat mengenalkan makanan yang baru, sebaiknya Anda menyajikan bersamaan dengan makanan yang sudah dikenalnya. Misalnya, jika Anda akan mengenalkan sayuran brokoli atau wortel. Nah, siasati dengan mengolah brokoli atau wortel bersama makanan kesukaannya seperti ayam goreng.

8. Anda sebagai orang tua tentu harus menjadi contoh yang baik bagi Anda. Jika Anda ingin si kecil bisa makan tanpa pilih-pilih, maka Anda pun harus mau mengkonsumsi semua makanan yang tersaji di meja makan dan tidak pilih-pilih makanan. Jelaskan pada anak bahwa semua makanan yang disajikan bermanfaat untuk kesehatan tubuhnya.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar