Pages

Jumat, 10 Mei 2019

Tips Ramadhan: 4 Cara untuk Tetap Produktif Bekerja saat Puasa

Jum'at, 10 Mei 2019 16:37:54

Tips Ramadhan: 4 Cara untuk Tetap Produktif Bekerja saat Puasa

Meskipun puasa Ramadhan berpotensi mengurangi fokus dan energi akibat tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam, tidak ada alasan bagi Anda para perempuan karier untuk tidak produktif karena sedang berpuasa. Tak dapat dipungkiri, saat puasa Anda akan menjadi mudah lelah, mengantuk, dan kurang konsentrasi. Hal inilah yang akhirnya bisa membuat hari-hari Anda bisa terancam tidak produktif.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut kumparan telah merangkum beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat Anda tetap produktif dan fokus bekerja saat bulan Ramadhan.

1. Memilih makanan yang tepat saat sahur dan berbuka

Makanan yang kita konsumsi memiliki dampak besar pada tubuh selama puasa. Dan saat Anda mengkonsumsi makanan yang digoreng dan berminyak, tubuh Anda akan merasa lesu dan malas sepanjang hari sampai malam karena makanan tersebut mengandung lemak. Bukan berarti Anda tidak bisa makan makanan yang digoreng sama sekali, tapi Anda bisa mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun misalnya. Karena minyak zaitun juga mengandung lemak yang diperlukan oleh tubuh yang sedang puasa.“Lemak juga perlu, tapi lemak baik. Jika biasanya sayur dan lauk dimasak pakai minyak goreng, kalau bisa sekarang pakai minyak zaitun,” ungkap Pakar gizi klinis dr Jovita Amelia, SpGK kepada kumparan.

Untuk menghindari banyak minyak, cobalah mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti oatmeal saat sahur. Kombinasikan dengan buah, dan segelas susu. Untuk buka puasa, pilih makanan yang bergizi lengkap. Mulai dari daging, ikan, sayur, buah, hingga kacang-kacangan. Kunyah makanan secara perlahan agar makanan mudah dicerna dalam perut untuk menghindari perut kembung. Usahakan untuk memilih makanan yang lebih ringan.

2. Tidur yang cukup

Melansir Cosmopolitan, dalam keadaan normal, tubuh dan otak Anda perlu beristirahat selama 6-8 jam perhari agar energi kembali pulih dan menjaga kesehatan organ tubuh. Sedangkan saat menjalankan Ramadhan, waktu tidur Anda tentu akan berkurang dan tidak sesuai dengan jadwal biasanya.

Untuk mengatasinya, Anda harus tidur senyenyak mungkin agar tidak mengantuk keesokan harinya saat bekerja. Coba tidur lebih awal dari biasanya dan jauhkan diri dari perangkat elektronik yang bisa membuat Anda terus terjaga.

3. Minum air putih yang cukup

Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup saat berbuka dan sahur agar Anda tubuh terhidrasi dan tidak lemas.

Menurut dr. Jovita, air putih sangat berperan untuk memperlancar metabolisme tubuh dan menjaga hidrasi tubuh. Bagaimana pola yang tepat minum air putih cukup selama bulan puasa? Anda bisa coba formula berikut ini; saat sahur minum dua gelas air putih, kemudian enam gelas berikutnya diminum secara bertahap. Dua gelas saat buka puasa, dan empat gelas pada malam hari menjelang sahur.

4. Lakukan olahraga ringan

Meskipun sedang berpuasa, tidak berarti Anda harus berhenti olahraga sama sekali. Selain meringankan stres, olahraga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar. Olahraga juga bisa membantu Anda untuk menjaga stamina sehingga tubuh tidak mudah lelah dan terserang penyakit. Jadi Anda akan tetap bisa produktif meskipun sedang berpuasa.

Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa adalah yoga dan jalan cepat. Dua olahraga ini tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga tetapi cukup membuat Anda mengeluarkan keringat dan meningkatkan fokus pada otak. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan Ramadhan adalah saat setelah berbuka.

*Sumber: kumparan.com

0 komentar:

Posting Komentar