SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Selasa, 23 April 2019

5 Manfaat Hidup Hemat

Selasa, 23 April 2019 17:55:10












Mulai dari kecil saat masuk sekolah sampai kita dewasa pun kita selalu mendengar nasihat dari guru dan orang tua kita untuk hidup hemat. Sampai – sampai mereka menempelkan pepatah “Hemat pengkal kaya, boros pangkal miskin” agar kita termotivasi untuk hidup hemat. Tapi sebenarnya apa sih manfaat hidup hemat itu? Nah, pada artikel ini kami akan memberikan sedikit gambaran mengenai manfaat hidup hemat yang bisa Anda dapat.

Di era konsumerisme seperti sekarang ini, menjalani hidup hemat memang menjadi tantangn tersendiri. Bagaimana tidak, banyaknya barang dan jasa menggiurkan selalu menghampiri kita. Sekali saja kita lengah, bisa jadi kita akan menghabiskan uang kita untuk melampiaskan hasrat kita untuk belanja, padahal sebenarnya barang itu tidak kita butuhkan.

Saat Anda mulai menjalankan hidup hemat, mungkin kritikan dari teman Anda akan terus masuk. Utamanya saat Anda menolak makan di resto mewah, beli mobil sport mewah, atau karena Anda enggan mengganti hp jadul Anda. Dengan mudahnya mereka akan mengatakan kalau Anda pelit, penuh perhitungan atau apalah.

Berikut adalah manfaat hidup hemat yang bisa Anda tunjukkan kepada teman Anda bahwasanya hidup hemat itu memang menguntungkan yang pantas dipilih :

1 Uang Bisa Digunakan Untuk Hal Yang Lebih Penting

Dengan hidup hemat, maka keuangan Anda akan lebih stabil. Anda telah berhasil mengelola pemasukan dan pengeluaran dengan baik. Alhasil, Anda tidak pernah mengalami besar pasak daripada tiang. Sehingga ada uang sisa yang bisa Anda tabung untuk digunakan ke hal – hal yang penting atau mungkin Anda investasikan.

Dalam hal ini, hidup hemat sangat berkaitan dengan perencanaan keuangan Anda. Sebab jika Anda tidak mampu mengatur keuangan Anda, maka aka nada banyak uang yang terbuang dengan sia – sia.

2 Hemat Adalah Jalan Menuju Hidup Berkecukupan Di Masa Depan

Mungkin sering Anda dengan kata – kata “Gaji sebesar apapun tidak akan pernah cukup”. Hal itu memang bisa jadi kenyataan jika Anda hidup boros. Lain halnya jika Anda hidup hemat, yang Anda malah “Semakin besar gaji, maka maka semakin banyaklah tabungan”.

Dengan tabungan yang lebih itu, nantinya Anda bisa manfaatkan untuk investasi atau untuk hari tua. Saya yakin Anda ingin menikmati hari tua dengan senang, bermain dengan cucu, dan menikmati semua jerih payah Anda sewaktu muda.

3 Hemat Menjauhkan Kita Dari Stress

Manfaat lain yang bisa kita rasakan saat kita berhemat adalah terhindar dari stress. Bagaimana bisa? Tentu bisa, karena dengan hidup hemat semua urusan keuangan sudah dianggarakan masing – masing. Bahkan dana darurat pun sudah terpenuhi.

Sebagai contoh saja, bagi orang boros, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhannya adalah dengan berhutang. Bila hal itu dilakukan secara terus menerus, maka utang akan semakin menumpuk dan sulit untuk dilunasi. Bahkan pada kasus utang yang berat, sering terjadi gali lobang tutup lobang.

Beda halnya dengan orang yang pAndai berhemat. Kehidupan mereka akan lebih tenang. Kalaupun harus berhutang, itu tidak akan menjadi masalah karena semua sudah dipersiapkan sehingga tidak akan ada masalah seperti utang yang tertunggak.

4 Hidup Lebih Bahagia

Jarang stress, punya banyak uang yang bisa dipakai untuk bersenang – senang bersama keluarga, bisa memenuhi kebutuhan sehari – hari dengan baik, itulah manfaat hidup hemat yang tiada duanya. Intinya, pangkal dari semua manfaat hidup hemat itu adalah bahagia.

5 Hidup Hemat Baik Untuk Lingkungan

Hidup hemat baik untuk lingkungan, dimana hubungannya? Ada hubungan. Saat kita hidup hemat, kita akan lebih terlatih memanfaatkan barang yang kita punya. Misal, membuat pot dari botol bekas daripada membeli pot baru. Dan tanpa disadari kita telah menerapkan reuse dan recycle, yang mana itu sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitar.
 
Sumber : http://blogekonom.blogspot.com/2015/09/5-manfaat-hidup-hemat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar