SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Senin, 18 Februari 2019

Bila Anak Berulah di Rumah, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

Selasa, 19 Februari 2019 10:45:58

Bila Anak Berulah di Rumah, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

Sama halnya dengan sekolah, orang tua wajib menetapkan peraturan dan konsekuensi yang jelas di rumah.

Diskusikan dengan guru tentang peraturan dan konsekuensi apa saja yang diterapkan di sekolah.

Adaptasi peraturan di sekolah itu untuk membuat peraturan di rumah. Tujuannya agar anak tak kewalahan dengan banyaknya aturan yang mesti ia ketahui serta supaya peraturan yang ada di rumah maupun sekolah tidak bertolak belakang.

Ajak kakak atau adik untuk tunduk dalam peraturan ini.

“Manfaatkan mentalitas kelompok seperti yang diterapkan di sekolah. Contohnya, anak mungkin tidak ingin makan siang ketika waktunya tiba, namun jika semua orang memutuskan makan siang akhirnya ia akan ikut makan," papar psikolog anak, Tovah Klein, Ph.D. dari Barnard College Center for Toddler Development, Amerika Serikat.

Langkah selanjutnya, mengajak guru terlibat dalam memantau perilaku anak.

Informasikan kepada guru tentang perkembangan perilaku anak di rumah. Hal ini akan membantu menyatukan dunia sekolah dan rumah. Anak yang dekat dengan guru akan senang jika diberi pujian. Hasilnya, anak akan berperilaku lebih baik ketika berada di rumah.

Sumber: https://www.teras.id/life/pat-4/135456/
bila-anak-berulah-di-rumah-apa-yang-harus-dilakukan-orang-tua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar