Pages

Jumat, 22 Januari 2021

Bantu Menstruasi Lebih lancar, Konsumsilah 5 Makanan Ini Secara Teratur

Jum'at, 22 Januari 2021 18:50:08

Bantu Menstruasi Lebih lancar, Konsumsilah 5 Makanan Ini Secara Teratur

 

 

 

 

 

 

 

Setiap wanita pasti memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Tapi, menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi mimpi buruk bagi wanita.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal, kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan dan gaya hidup.

Cara paling efektif untuk mengatasi menstruasi tidak teratur adalah memperbaiki gaya hidup, menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur.

Selain itu, ahli gizi Monisha Ashokan menyarankan beberapa makanan super yang bisa menyebabkan menstruasi lebih lancar. Karena, menstruasi juga merupakan salah satu tanda vital bagi kesehatan reproduksi.

"Banyak wanita mengalami menstruasi tidak lancar yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, stres, obat-obatan, perubahan berat badan, dll. Sehingga menstruasi tertunda pasti sangat mengkhawatirkan. Tapi, Anda bisa membuatnya lebih lancar secara alami," kaya Monisha dikutip dari NDTV.

1. Buah tinggi vitamin C

Konsumsi makanan kaya vitamin C bisa bermanfaat untuk merangsang menstruasi. Misalnya pepaya, yang merupakan buah dengan kandungan karoten untuk merangsang hormon estrogen.

Selain pepaya, nanas juga buah kaya vitamin C lainnya yang bisa mengurangi peradangan, salah satu penyebab menstruasi tidak teratur. Sedangkan, buah tinggi vitamin C lainnya termasuk jeruk, lemon, kiwi dan mangga.

2. Jahe

Konsumsi jahe secara teratur bisa membantu mengurangi timbulnya ketidakteraturan menstruasi. Anda bisa memarut jahe dengan satu sendok teh madu untuk menginduksi menstruasi. Saat Anda mengalami menstruasi tidak teratur, pastikan Anda konsumsi jahe secara cukup.

3. Kunyit

Kunyit juga merupakan emenagog yang dapat merangsang aliran darah di daerah rahim dan panggul. Kunyit memiliki efek antispasmodik pada tubuh, yaitu melebarkan rahim dan menginduksi menstruasi. Guna mengurangi gangguan menstruasi, minumlah kunyit secara teratur.

4. Jaggery

Anda bisa mencampurkan jaggery dengan jahe, biji wijen, kunyit dan biji karom lalu mengunyahnya dengan segelas air hangat. Minum ini secara teratur dapat menyebabkan menstruasi lebih lancar.

5. Akar bit

Bit adalah buah yang tinggi zat besi, kalsium dan asam folat. Sayuran ini dapat mengurangi retensi air dan kembung, kondisi yang biasanya dialami wanita selama menstruasi. Monisha menambahkan makanan ini ke dalam daftar yang bisa membantu memperlancar menstruasi.

*Sumber: suara.com

0 komentar:

Posting Komentar