SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS/WA 0852 5968 1245 || Facebook : Nuansa Bojonegoro || Twitter : @nuansafmbjn || Instagram : @nuansaradio || E-Mail : nuansaradio722@gmail.com || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Senin, 27 April 2020

Tak Perlu Liburan, Ini 9 Cara Menghilangkan Stres

Senin, 27 April 2020 17:27:44

 Tak Perlu Liburan, Ini 9 Cara Menghilangkan Stres


Tak bisa dipungkiri, liburan menjadi salah satu cara menghilangkan stres paling instan. Bagaimana tidak, pergi ke tempat-tempat indah dengan pemandangan laut, pegunungan, atau kota memang banyak diakui bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks, pikiran jadi lebih tenang, dan tentu hati pun senang.

Namun di sisi lain, kita juga harus realistis Ladies. Sebab liburan bukanlah hal yang murah, jadi jika tidak direncanakan dari jauh-jauh hari, bisa-bisa keuangan yang menjadi korbannya. Alih-alih menghilangkan stres, bisa jadi sepulang liburan kita malah terjebak dalam stres baru karena tak punya uang untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Meski begitu, Ladies tak perlu khawatir karena ada banyak cara mudah dan murah yang bisa dilakukan untuk mengusir stres. Beberapa di antaranya adalah berpelukan dengan pasangan hingga mengurangi jumlah asupan kopi.

Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut kumparanWOMAN merangkum sembilan cara yang tak akan menguras kantong namun tetap ampuh menghilangkan stres. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Menulis Jurnal

Pembawa acara Oprah Winfrey mengakui bahwa menulis jurnal membantunya untuk mengatasi stres dan membuatnya merasa lebih bahagia. Hal ini ia ungkapkan bukan tanpa alasan, sebab menurut studi yang dirilis oleh Michigan State University di Amerika Serikat, membuat jurnal memang bisa menjadi peredam stres yang ampuh.

Hal ini terjadi karena dengan menulis jurnal, kita bisa menuangkan pikiran yang terpendam, meluapkan emosi yang tak tersalurkan, dan juga membantu kita menemukan solusi dalam mengatasi masalah. Untuk itu, jika Anda bukan tipe orang yang mudah bercerita dengan orang lain, menulis jurnal bisa menjadi cara menghilangkan stres yang tepat bagi Anda.

2. Mengurangi Asupan Kafein

Seperti yang sudah kita ketahui, minuman seperti kopi, teh, dan cokelat memiliki kandungan kafein, sebuah stimultan yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan seseorang mengalami keresahan dan bisa berujung pada stres.

Namun hal ini tak berlaku pada semua orang, sebab masing-masing dari kita memiliki intoleransi kafein yang berbeda. Oleh karena itu, jika Anda merasa stres tak kunjung sembuh, bisa jadi Anda terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Coba kurangi asupan kopi, teh, atau cokelat harian Anda dan gantikan dengan minuman yang lebih sehat seperti air putih atau jus buah tanpa gula.

3. Olahraga Rutin

Satu lagi cara ampuh untuk menghilangkan stres tanpa liburan adalah olahraga. Tak perlu mengeluarkan banyak uang, olahraga seperti lari dan berenang juga bisa menjadi cara untuk melawan stres.

Sekilas mungkin memang tampak kontradiktif, namun memberikan tekanan fisik pada tubuh melalui olahraga ternyata terbukti bisa menghilangkan stres. Maka dari itu, usahakan Anda olahraga secara rutin seminggu tiga kali setiap pagi agar tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran menjadi lebih fresh. Selain itu, olahraga juga membuat kita mengeluarkan hormon endorfin yang juga dikenal sebagai hormon kebahagiaan.

4. Berpelukan dengan Pasangan

Tak hanya untuk mengharmonisasikan hubungan, meningkatkan kegiatan intimasi seperti berpelukan, berciuman, dan berhubungan seks dengan pasangan juga memiliki fungsi sama seperti berolahraga, yaitu dapat meningkatkan kebahagiaan, sekaligus meringankan stres dan kegelisahan.

Namun ketika Anda terlalu lelah untuk melakukan hubungan seks, Anda dan pasangan bisa memilih berpelukan dengan posisi spooning. Kedekatan, kehangatan, dan gestur intimasi dapat membantu Anda untuk meredakan stres akibat aktivitas yang padat.

5. Menghabiskan Waktu dengan Orang Terdekat

Keluarga, sahabat, dan pasangan bisa menjadi support system yang kuat bagi Anda. Mereka akan mendukung Anda dalam kondisi apapun. Termasuk saat Anda sedang down dan mengalami stres. Kehadiran mereka tak hanya bisa memberikan hiburan, tetapi juga akan menghadirkan solusi bagi Anda.

Tak perlu semuanya berkumpul dan liburan bersama, cukup hubungi salah satu keluarga atau orang-orang terdekat lainnya, atur jadwal untuk bertemu dan ceritakan masalah yang membuat Anda stres. Jika tidak membantu memberikan solusi, mereka akan menjadi pendengar dan penghibur yang baik.

6. Belajar Mengatur Pernafasan

Saat mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon stres yang akan menghasilkan reaksi yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Anda akan mengalami gejala fisik seperti pernafasan dan jantung yang berdetak lebih cepat, serta pembuluh darah yang menyempit.

Dibutuhkan teknik pernafasan khusus untuk mengatasi hal ini. Melansir Healthline, ada beberapa jenis latihan pernafasan yang bisa dilakukan, yaitu pernafasan diafragma, perut bagian bawah, perut secara keseluruhan, dan pernafasan yang dilakukan dengan cepat.

Tujuan dari teknik-teknik pernapasan tersebut adalah untuk memfokuskan kesadaran Anda agar nafas bisa menjadi lebih lambat dan dalam. Saat Anda menarik nafas dalam-dalam melalui hidung, paru-paru akan mengembang sepenuhnya, dan perut akan naik. Teknis pernafasan ini bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan stres sebab bisa membantu memperlambat detak jantung dan membuat Anda merasa lebih tenang.

7. Bermain dengan Binatang Peliharaan

Jika memiliki binatang peliharaan di rumah, usahakan Anda memiliki waktu untuk bermain mereka terutama saat Anda mengalami stres.

Sebab, hubungan yang baik antara manusia dan binatang peliharaan dipercaya dapat menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres pada tubuh dan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Melansir News in Health, binatang peliharaan juga bisa mengatasi rasa kesepian, memberikan dukungan, serta meningkatkan mood baik.

Tetapi jika Anda butuh binatang peliharaan secara emergency di kantor, kehadiran mereka juga bisa digantikan dengan tontonan video-video lucu mereka.

8. Menyalakan Lilin Aromaterapi atau Essential Oil

Memanfaatkan aroma untuk mengatur mood atau yang lebih akrab disebut dengan aromaterapi ini memang terbukti dapat mengurangi keresahan dan dapat memperbaiki kualitas tidur. Menurut laporan dari Healthline, menghirup aroma-aroma menenangkan juga dinilai sangat efektif untuk menurunkan stres.

Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan menyalakan lilin aromaterapi atau menggunakan essential oil yang dioleskan langsung pada tubuh atau digunakan sebagai diffuser. Beberapa aroma yang bisa memberikan efek menenangkan adalah lavender, ylang ylang, lemongrass, mawar, vetiver, hingga bergamot.

9. Merawat Tanaman

Terapi Hortikultura merupakan sebuah terapi yang memanfaatkan berkebun sebagai teknik penyembuhan. Terapi berkebun di taman terbuka sudah diakui bisa mengurangi beberapa risiko kesehatan. Mulai dari demensia, depresi, schizophrenia, hingga membantu proses pemulihan orang-orang yang menderita kanker stadium akhir.

Ladies bisa mendapatkan manfaat serupa dengan mulai merawat tanaman-tanaman kecil di rumah. Misalnya dengan merawat bonsai, menanam tanaman herbal, sayur-sayuran, atau tanaman lainnya. Proses berkebun tersebut nantinya juga bisa kita jadikan cara menghilangkan stres, membuat tubuh menjadi lebih rileks, dan pikiran lebih tenang.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar