SELAMAT DATANG DI WEBSITE RADIO KAMI PT RADIO NUANSA FM BOJONEGORO || ON AIR (0353) 331399 || SMS || Masa depan bukan hanya tempat yg kamu tuju, namun tempat yg kamu ciptakan melalui pikiran, niat, dan dilanjutkan tindakan nyata.

Rabu, 18 Desember 2019

Tips Mengatur Emosi Agar Lebih Bijaksana dalam Bertindak

Rabu, 18 Desember 2019 18:26:59

 

Tips Mengatur Emosi Agar Lebih Bijaksana dalam Bertindak

Merasa bad mood atau bahkan emosi adalah hal yang normal, setiap orang pasti pernah merasakan hal demikian. Namun penting sekali untuk menghadapi keadaan itu dengan positif. Kalau kita terus menuruti suasana hati yang kurang baik, malah akan berpengaruh pada semangat kita dalam beraktivitas.

Buruknya lagi, ketika kita tidak bisa mengendalikan emosi lalu melakukan tindakan yang membuat kita menyesal. Misalnya saja, memarahi rekan kerja hanya karena masalah sepele atau bersikap tidak baik pada atasan hanya karena emosi semata.

Tidak mau sampai seperti itu kan, Ladies? Ya, mengendalikan emosi adalah hal yang sangat penting. Ini dilakukan agar kita tetap bersikap dewasa dan tidak merugikan diri sendiri. Berikut tips mengendalikan emosi yang bisa Anda lakukan.

Menghitung mundur

Ketika Anda terpancing emosi pada sesuatu, cara sederhana untung meredam emosi adalah dengan berhitung mundur dari 100. Waktu yang dihabiskan untuk berhitung dapat membantu detak jantung melambat. Akhirnya rasa emosi dan kemarahan yang dirasakan akan mereda dengan sendirinya.

Ambil nafas yang dalam

Saat Anda sedang marah, alur pernapasan jadi meningkat dan pendek. Agar alur pernapasan kembali tenang dan menurunkan emosi, Anda perlu bernapas dalam-dalam dari hidung dan hembuskan dari mulut selama satu menit.

Berikan waktu untuk berjalan

Melakukan olahraga berguna untuk menenangkan saraf dan membantu mengurangi kemarahan. Jadi ketika sedang merasa emosi, ambil waktu untuk berjalan santai atau melakukan olahraga di gym sambil mendengar lagu favorit. Lakukan apa pun yang membuat Anda bisa merilekskan pikiran dan tubuh.

Bersyukur

Banyak hal yang membuat kita emosi, seperti selalu merasa bersalah dan kurang dalam menjalani sesuatu. Di saat semua terasa serba salah, luangkan waktu sejenak untuk fokus. Hitung berapa banyak hal baik yang Anda miliki dalam hidup akan membantu Anda mengendalikan amarah.

Memilih untuk diam

Rasa emosi yang membara membuat kita untuk melakukan suatu tindakan. Sebaiknya jangan dituruti perasaan seperti itu, Ladies. Jangan sampai kita melakukan hal-hal yang membuat ketika menyesal karena tidak bisa menahan emosi.

Melansir Times of India, berikan waktu untuk menyendiri selama 10 menit, tarik napas, dan Anda akan merasa lebih baik. Diam bukan berarti kita orang yang lemah, tapi dengan diam dan tidak menumpahkan emosi membuat kita jadi orang yang bijaksana.

*Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar